PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 101740 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45553Keywords:
Model Pembelajaran, Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101740 Tanjung Selamat, Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif. Subjek dari penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101740 Tanjung Selamat, Tahun pembelajaran 2024/2025 yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 35. Pengambilan Sampel Total dengan perolehan sampel sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book termasuk kategori yang Sangat baik dengan rata-rata 82,57. Hasil Koefesien Korelasi sebesar 0,979 artinya r hitung > r tabel maka Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh kuat antara Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 101740 Tanjung Selamat. Dapat dilihat juga dari hasil Uji-t dimana nilai Signifikasi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 sehingga menyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan terhadap penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 101740 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2024/2025.References
Ahda, Aulia Fahriah, Halimatus Sa’diyah, dan Setiabudi, Dede Indra. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.56444/soshuimdik.v1i2.74
Ainita, Siti Indah. 2019. Teori Belajar Skinner. Dalam Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran (hlm. 89–108). Penerbit Garudhawacana.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nur, Kholifah, Baikhtiar, Ahmad M., dan Iskandar, H. 2019. Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Purnomo, Agus. 2022. Pengantar Model Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Sariwati, Siti dan Sugoro, Endra M. 2019. Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 3 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpaii.v17i2.28693
Sujudi, Samsul, Nur, Tika Dewi, Yusri, Yusran, Saibi, Nur, dan Ramli, Muh. Rasyid. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedukasi.v6i2.7305
Yulberti. 2018. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Dalam Psikologi Pendidikan, Vol. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heni Wenti Sinambela, Irmina Pinem, Rumiris Lumban Gaol, Darinda Sofia Tanjung, Patri Janson Silaban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




