PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 74 PONTIANAK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21461Keywords:
Video Pembelajaran, PowerPoint, Pembelajaran TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran berbasis PowerPoint yang valid dan praktis digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran tematik tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”, subtema 1 “Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan” kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan mangadaptasi model ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini yaitu adalah peserta 32 peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat dan 2 orang validator ahli yang terdiri dari ahli desain dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis PowerPoint sudah melalui lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kevalidan produk video pembelajaran berbasis PowerPoint pada aspek desain memperoleh nilai sebesar 4.76 dengan kriteria “Sangat Valid”, dan pada aspek materi memperoleh nilai sebesesar 4.55 dengan kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan produk video pembelajaran berbasis PowerPoint memperoleh nilai sebesar 4.29 dengan kriteria “Sangat Praktis”.References
Alwi, Z., Ernalida, & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Fon, 16(1), 20. Diunduh di https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/download/2312/1804
Darni, R., Anwar, M., & Kurniadi, D. (2023). PENGEMBANGAN MODEL INVENTORY BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENGUKUR KEPRIBADIAN ENTREPRENEURSHIP MENGGUNAKAN EXPERT SYSTEM. Sumatra Barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Novriani, Kesumawati, N., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas V SD. INNOVATIVE, 2(1), 65. Diunduh di http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/148
Putri, R. P. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Education Studies, 4(1). Diunduh di https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4082/2701
Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyuning Tiyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.