PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING BERBASIS BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DISEKOLAH DASAR

Authors

  • Sahputra Apriano Sitohang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syamsuyurnita Syamsuyurnita Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24016

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, Budaya Lokal Masyarakat; Keterampilan Sosial Siswa.

Abstract

Pembelajaran konvensional di dalam kelas sering dianggap oleh siswa sebagai sesuatu hal yang tidak menarik dan membosankan. Hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Penguasaan Konsep peserta didik dengan model PBL yang memanfaatkan media lingkungan sekitar thailand  . Metode penelitian menggunakan metode design single study yaitu desain penelitian dengan kasus tunggal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah total 25 siswa kelas 6 dan 20 kelas 5 . Pengambilan sampel penelitian menggunakan tekhnik purposive sampling dan dilanjutkan dengan Cluster random sample (tekhnik sampel area). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan PBL. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata peserta didik yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pretest untuk kelas konvensional pada penguasaan konsep kehati adalah 30,3. Nilai rata-rata postest untuk penguasaan konsep kehati adalah 62.6. Nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen pada penguasaan konsep kehati adalah 33,9. Nilai rata-rata postest untuk penguasaan konsep kehati adalah 75,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Penggunaan model pembelajaran PBL dengan lingkungan sebagai media pendukung pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Muslim Suksa School.

References

Anita, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta. Universitas terbuka

Anggraito U, A Nugroho & D Palupi. 2006. Peningkatan Aktivitas Peserta didik dalam Kerja Ilmiah melalui Pembentukan Kelompok Kooperatif STAD dalam Penilaian Autentik. Jurnal penelitian pendidikan 1 (22): 37-43.

Aritonang KT. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Penabur 7 (10): 17-21.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta

Bloom, BS 1986, Mastery Learning, Kolt, Rinehart and Winston. Inc. New York

Creswell John W, Plano Clark Vicki, 2007, Designing and Conducting Mixed Methods Research, Sage Publications Inc.

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Dewi S. K, Purnamasari A, Banyal S, Kristiani N, Mulyana B, 2018, Biologi SMA, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta

D’Amato LG & ME Krasny. 2009. Outdoor Adventure Education: Applying Transformative Learning Theory in Addressing Instrumental and Emancipatory EE Goals. Journal of Environmental Education 5 (7): 12-13.

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI

Ghozali Imam, 2011, Aplikasi analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19, Badan Penerbit UNDIP, Semarang

Hadi Sudharto P, 2000, Manusia dan Lingkungan, UNDIP, Semarang

Hahat Rohayati, 2018, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA Untuk meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik di SDN 263 RANCALOA, Jurnal Elementaria Edukasia

Hamalik, Oemar. 2001. Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Hartina, 2014, Peran Lingkungan dan Alam Sekitar sebagai Media Pembelajaran, Institut Agama Islam Negeri Mataram

Hall C & J Kidman. 2004, Teaching and Learning: Mapping the Contextual Influences. International Education Journal 5 (3):331-

Hasibuan. S.P Malayu, 1994. Menajemen Sumber Daya Manusia, CV. Haji Mas Agum, Jakarta.

Hasbullah. 2005, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Sitohang, S. A. ., Nasution, I. S. ., & Syamsuyurnita, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING BERBASIS BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DISEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24016

Most read articles by the same author(s)