ANALISIS CODE MIXING COMMUNITION IN LEARNING INDONESIAN LANGUAGE DISEKOLAH MENENGAH ATAS WITTAYA SATUN SCHOOL

Authors

  • Siti Alifah Farhani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Suci Perwita Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26549

Keywords:

Code Mixing Communition, In Learning

Abstract

Penelitian ini mengkaji Analisis Code Mixing Communition In Learning Indonesian Language Disekolah Menengah Atas Wittaya Satun School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menguraikan tentang penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dimana studi kepustakaan adalah kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur, dan penulis. Data dalam penelitian ini berdasarkan buku dan jurnal yang relevan  untuk di teliti penulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif dimana dalam penelitian ini berupa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli mengenai Code Mixing Communition In Learning Indonesian Language Disekolah, data-data tersebut digunakan sebagai dasar untuk memperkuat argumen penulis dalam menganalisis Analisis Code Mixing Communition In Learning Indonesian Language Disekolah Menengah Atas Wittaya Satun School. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bentuk Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Disekolah Menengah Atas Wittaya Satun School Campur kode berupa klausa, kata dan Frasa. Faktor Yang Menyebabkan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Disekolah Menengah Atas Wittaya Satun School adalah perubahan situasi, lawan bica, kebiasaan dan penguasaan Kosa kata.

References

A’la, H. A., Mulawarman, W. G., & Purwanti. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Arab Pada Pembelajaran Di Pondok Pesantren Ibadurrahman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Ilmu Budaya, 4(4).

Abdullah Hasibuan, D. S. (2022). Analisis Campur Kode Bahasa Simalungun Terhadap Bahasa Indonesia Di Ujung Seribu Desa Mabar (Kajian Sosiolinguistik). Education Achievement: Journal Of Science And Research. Https://Doi.Org/10.51178/Jsr.V3i3.981

Agustinuraida, I. (2017). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Diksatrasia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1 (2). Https://Doi. Org/10. 25157/ Diksatrasia. V1i2. 583

Armen, A. (2017). Strategi Komunikasi Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Mencari Sumber Informasi Di Perpustakaan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 1 (1).

Bahtiar. (2019a). Komunikasi Massa Dalam Media Critical Dan Media Equation. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(1).

Bahtiar, M. (2019b). Komunikasi Massa Dalam Media Critical. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(1).

Bakir, I. A., & Hafidz, M. (2022). Konsep Kafa’ah Sebagai Upaya Membangun Ketahanan Keluarga Dalam Membentengi Campur Tangan Orang Tua/Mertua. Al-’`Adalah?: Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 7(2). Https://Doi.Org/10. 31538/Adlh.V7i2. 2516

Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Network Media, 4 (2). Https://Doi.Org/10.46576/Jnm.V4i2. 1403

Etik, E., Harsia, H., & Kartini, K. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Toraja Dengan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Smk Kristen Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1). Https://Doi. Org/10. 30605/Onoma. V8i1. 1769

Fadhallah, R. . . (2021). Definisi Wawancara. Wawancara.

Fakhrudin, M. A., Suhartiningsih, S., Hutama, F. S., Satrijono, H., & Nurdianasari, N. (2020). Campur Kode Bahasa Madura Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Karangan Narasi Sugestif Siswa Kelas V Sd. Jurnal Edukasi Khatulistiwa?: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 (2).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif / Penulis, Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A. Pt Remaja Rosdakarya.

Mubasyiroh, M. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Arab. Deskripsi Bahasa, 3(2).

Nurul Iftitah, Hambali, H., & Aco Karumpa. (2022). Campur Kode Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Di Media Sosial Instagram. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2 (2). Https://Doi. Org/10. 53769/Deiktis. V2i2. 250

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Journal Educational Research And Social Studies, 2 (3).

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9.

Sari, D. N. I., A, J., & Bariyadin, B. (2020). Campur Kode Bahasa Alay Di Kalangan Remaja Smp Taruna Surabaya Timur. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2 (1). Https :// Doi.Org/10. 19105/ Ghancaran.V2i1.3101

Wahab, R. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Wahyuni, N., & Ningsih, A. R. (2018). Analisis Campur Kode Bahasa Persidangan Di Pengadilan Negeri Payakumbuh. Jurnal Akrab Juara, 3(4).

Wulandari, S., Wardhana, D. E. C., & Rahayu, N. (2020). Campur Kode Bahasa Penyiar Radio Setiawana 97,2fm Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3).

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Farhani, S. A. ., Sari, S. P. ., & Nasution, I. S. . (2024). ANALISIS CODE MIXING COMMUNITION IN LEARNING INDONESIAN LANGUAGE DISEKOLAH MENENGAH ATAS WITTAYA SATUN SCHOOL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3528–3532. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26549

Most read articles by the same author(s)