PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA MUSLIM SUKSA SCHOOL THAILAND DALAM PROGRAM BIPA KKN INTERNASIONAL UMSU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26909Keywords:
Education Management BIPA, SUKSA SCHOOL THAILANDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pembelajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Suksa School Thailand. Data penelitian deskriptif kualitatif ini diperoleh dari pengajar BIPA, pengelola Kelas Bahasa Indonesia di Suksa School Thailand, dokumen, dan berbagai peristiwa di program ini. Analisis data meliputi: pengumpulan, reduksi, dan penyajian data, serta penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BIPA sudah semakin berkembang di Thailand dan sudah ada pembelajaran BIPA di tingkat sekolah, salah satunya di Suksa school thailand. Pembelajaran BIPA di Suksa school thailand sudah dikelola dengan manajemen pendidikan yang baik, meliputi kelembagaan, kurikulum, pengajar, materi ajar, metode pembelajaran, dan siswa.References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146– 150.
Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah:Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 133–151.
Andayani. (2012). Inovasi Model Pembelajaran untuk Mengakselerasi Peran Bahasa Indonesia di Ranah Internasional”. Pidato Pengukuhan Guru Besar. 4 Desember 2012.
Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16-30.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Technology Education Journal, 10(1), 46–62.
Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Sekolah Agama Islam, 17(1), 187–210.
Cintamulya, I. (2019). Analysis of students’ critical thinking skills with reflective and impulsive cognitive styles on conservation and environmental knowledge learning. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 20(1), 1– 14.
Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 36-51.
Vol. 7, No. 1, Desember 2021, 139 – 151
Doyin, M. (2014). Pengembangan Materi Ajar Puisi di SD. Lingua, 10(1), 69–79. Fitriani, R., Natsir, M., & Lubis, I. S. (2019). The Moral Development of thhe Main
Character Sebastian Wilder Portrayed in La La Land Movie (2016). Ilmu Budaya, 3(1), 92–98.
Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111-132.
Isnaniah, S., & Islahuddin. (2020). Management of Indonesian Language Learning for Foreign Speakers (BIPA) at Islamic Religious Higher Education Institutions (PTKI) in Indonesia and Thailand. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–28.
Kasiyan. (2015). Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Siswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY. Imaji, 13(1), 1-13.
Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.
Leksono, R. P. (2015). Indonesian as a Foreign Language Teaching in Thailand. Makalah Dalam Konferensi Internasional Pengajar BIPA (KIPBIPA IX) 2015.
Muhaimin, S., & Prabowo, S. L. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasir, M. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nastiti, A. D., Datil, L. L., & Sukma, B. P. (2019). Hambatan dalam Upaya Pengembangan BIPA di Luar Negeri. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 01-10.
Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Sekolah di Indonesia. The1st Education and LanguageInternationalConferenceProceedings, 726– 732.
Nugraheni, A. S. (2015). Pengembangan Program Profesionalisme Guru Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing(BIPA)di ASEAN. JurnalPendidikan Dasar Islam, 7(1), 89–101.
Pantu, A. (2014). Pengaruh Bahasa Arab Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(3), 97–115.
Romlah. (2016). Manajemen Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Harakindo Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, I. M. (2012). Program Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA): Peluang, Tantangan dan Solusi. Seminar Internasional “Menimang Bahasa Membangun Bangsa”, 5-6 September 2012, Sahid Legi Mataram Lombok Indonesia.
Sumarni, A., Entang, M., & Patras, Y. E. (2021). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 123-128.
Suparta, S. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri I Tanjung Pandan Kabupaten Belitung. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 38–48.
Tawandorloh, K.-A. dkk. (2018). “The Urgency of Teaching BIPA in the Melayu Department in Suksa school Sekolah.” Abstact Book of LATU International Conference, 13–14.
Tawandorloh, M., & Islahuddin, I. (2019). The Effectiveness of BIPA Learning at Students of Indonesian Concentration Department, Suksa school Sekolah, Thailand. Prosiding Seminar Internasional Konferensi BIPA Tahunan (Ke-BIPA-an) II Tahun 2019.
Yingxuan, L., & Damaianti, V. S. (2019). Analisis Kebutuhan Literasi Budaya Indonesia bagi Pembelajar Tiongkok. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 89–96.
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitif. Jurnal Lisan Al Hal, 7(2), 283–304.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Adelia Fahreza, Syamsuyurnita Syamsuyurnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.