PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Rama Nababan PTKKN Kementerian Agama RI
  • Aida D.C Manurung PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53532

Keywords:

Problem-Based Learning, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di tingkat sekolah dasar. PBL dipandang sebagai pendekatan pembelajaran inovatif yang menekankan pemecahan masalah nyata sebagai titik awal pembelajaran, sehingga mendorong siswa untuk berpikir secara analitis, reflektif, dan kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group, di mana kelompok eksperimen memperoleh perlakuan PBL, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar, yang digunakan untuk mengukur perubahan kompetensi siswa setelah intervensi pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kedua aspek, yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar, pada siswa yang mengikuti model PBL dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan PBL tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif siswa tetapi juga membangun sikap belajar mandiri, inisiatif, dan tanggung jawab terhadap proses pembelajaran mereka. Dengan demikian, model PBL dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif di sekolah dasar, khususnya dalam konteks pendidikan yang menekankan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pembelajaran mandiri. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru dan institusi pendidikan untuk mengintegrasikan metode PBL secara lebih luas, sehingga siswa mampu berpartisipasi aktif, menghadapi tantangan secara kritis, dan mengembangkan keterampilan belajar yang berkelanjutan.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. New York, NY: McGraw-Hill.

Badarudin, B., Muslim, A., & Sadeli, E. H. (2022). Model problem based learning berbasis literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1).

Barrows, H. (2016). Problem-based learning in medicine. New York, NY: Springer.

Dharma, B. A., Tasrikah, N., & Churiyah, M. (2020). Effectiveness of problem based learning (PBL) towards learning outcomes through critical thinking skills. Jurnal Ad’ministrare, 7(2).

Endar Chrisdiyanto, & Hamdi, S. (2024). Efektivitas problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Ennis, R. H. (2011). Critical thinking. New Jersey, NJ: Prentice Hall.

Knowles, M. S. (1975). Self-directed learning: A guide for learners and teachers. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Magister Rencanaguna, I. P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2025). Problem based blended learning: Strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar informatika siswa SMP. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3).

Naibaho, D., & Sitorus, E. G. F. (2023). Pentingnya guru dalam menguasai substansi materi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 166-171.

Padang, J., Aritonang, O. T., & Naibaho, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IX SMP N 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2023/2024. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 2(2), 43-53.

Setiawan, I. (2025). Pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di era SDGs. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI).

Situmorang, S. S., & Laksono, E. W. (2025). Penerapan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special_issue).

Sulaiman, A., & Azizah, S. (2025). Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di Indonesia: Sebuah tinjauan literatur sistematis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Nababan, R., & Manurung, A. D. (2025). PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8362–8367. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53532

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.