PENGAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGENALAN KATA DASAR PADA SISWA MUSLIM SUKSA SCHOOL THAILAND

Authors

  • Zihan Manja Anggita Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syamsuyurnita Syamsuyurnita Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26902

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penutur Asing

Abstract

Pengajaran ini ditujukan kepada Muslim Suksa School Thailand. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Materi yang disampaikan bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa bahwa BIPA Pengenalan kata dasar pengenalan kata dasar  merupakan pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing dan bukan bahasa kedua. Bahasa Indonesia diajarkan agar orang asing dapat hidup dan sintas dalam alam dan budaya indonesia. Salah satu kerangka yang digunakan adalah CEFR (Common European Frame of Reference) for language, tapi saat ini sudah ada Standar Kompetensi  Lulusan  (SKL) BIPA Pengenalan kata dasar yang dirancang oleh Kemdikbud yang bisa di Gabungkan di Suksa School Thailand . Dalam pembelajaran BIPA Pengenalan kata dasar ada beberapa yang harus diperhatikan diantaranya strategi dan media pembelajaran BIPA Pengenalan kata dasar melalui pengenalan kata dasar pada siswa. Metode diskusi juga digunakan untuk tanya jawab dengan siswa terkait dengan pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan.

References

Azizah, dkk. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA PENGENALAN KATA DASAR) Program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Tahun 2012. Tersedia: http://jurnal- online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/11/1386

A. Kusmiatun. (2016). TOPIK PILIHAN MAHASISWA TIONGKOK DALAM PEMBELAJARAN BIPA PENGENALAN KATA DASAR PROGRAM TRANSFER KREDIT DI UNY Ari. Litera, 15(1), 138–146.

Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2015). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur. ELIC: Education and Language Internasional Conference Proceedings, 1, 915–920.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Defina, D., Rasyid, Y., & Ridwan, S. (2019). Assessment of Students on BIPA pengenalan kata dasar Teaching Materials Special Materials of Agriculture. Litera, 18(1), 150–163. https://doi.org/10.21831/ltr.v18i1.15613

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswin Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Ellis, R. (1986). Reviews Comptes rendus Understanding Second Language Acquisition. TESL CANADA, 6(2), 95–101.

Giovani L.G. (2016). straregi Pembelajran Bahasa indonesia bagi Penutur asing di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bulletin of the Seismological Society of America, 106(1), 6465–6489. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-013-0646

Imam Suyitno. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mar’at, Samsunuwiyati. 2011. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. (2017). Kumpulan Esai Pengajaran BIPA PENGENALAN KATA DASAR. Simposium Internasional, 1–910. https://BIPA pengenalan kata dasar.kemdikbud.go.id/filebakti/403Kumpulan_Esai_SIPBIPA PENGENALAN KATA DASAR_2017.pdf

Khromchenko, O., & Shutilo, I. (2021). Approaches and Methods in Language Teaching. https://doi.org/10.36074/logos-28.05.2021.v2.05

Kusmiatun, A. (2018). Tantangan dan strategi pemelajaran BIPA pengenalan kata dasar bermuatan nilai karakter profetik. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Satra (PIBSI) XL 2018, 781(1), 781–788.

Liliana M. (2012). Kongres Bahasa Indonesia. 2(2), 35–43.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Harahap, Z. M. A. ., & Syamsuyurnita, S. (2024). PENGAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGENALAN KATA DASAR PADA SISWA MUSLIM SUKSA SCHOOL THAILAND. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4337–4344. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26902