ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH INDONESIA DAVAO, FILIPINA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24604Keywords:
Implementasi, Pembelajaran, BahasaAbstract
Bahasa adalah bahasa yang populer untuk dipelajari saat ini, Filipina adalah salah satu negara yang telah menambahkan Bahasa sebagai mata pelajaran di sekolah formal. Tujuan dari penelitian ini: 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Bahasa di Sekolah Indonesia Davao Filipina, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa di Sekolah Indonesia Davao Filipina, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa di Sekolah Indonesia Davao Filipina. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Bahasa di Sekolah Indonesia Davao Filipina sudah cukup baik, meskipun ada beberapa faktor yang menghambat implementasi pembelajaran Bahasa di Sekolah Indonesia Davao Filipina.References
Anwar, Zul. 2012. “Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar.” Jurnal penelitian ilmu pendidikan 5: 28.
Asrori, Mohammad. 2013. “Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran.” 5: 166.
Aziizu, Burhan Yusuf Abdul. 2015. “Tujuan besar pendidikan adalah tindakan.” 2: 147-300.
Budiastuti, Pramudita, Sumaryo Soenarto, Muchlas, dan Hanafi Wahyuni Ramndani. 2021. “Analisis tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran dasar listrik dan elektronika di sekolah menengah kejuruan.” jurnal edukasi elektro 05: 40.
Dumeedae, Hasuenah, dan haryadi. 2013. “Pelaksanaan pembelajaran Bahasa di sd amanasak kabupaten muang pattani Filipina selatan.” jurnal prima edukasia 1: 52.
Jehwae, Phaosan. 2014. Dilema Bahasa sebagai bahasa pengantar pembelajaran di pondok pesantren patani Filipina selatan XIX.
Lestari, Soleha Putri. 2019. “Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam disekolah dasar negri gohong rawai II kecamatan rungan kabupaten gunung mas.” 39.
Liku, Emi, Mesta Limbong, dan Witarsa Tambunan. 2021. “Analisis kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran PPkn pada tatap muka masa pandemi covid- 19 di smpn 2 rantepao.” jurnal manajemen pendidikan 10: 93.
Mastur, Muhammad, Mohammad Afifulloh, dan Lia Nur Atiqoh Bela Dina. 2020. “Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19.” jurnal pendidikan madrasah ibtidaiyah 2: 72.
Murtadlo, Hafid As'ad. 2020. “Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama bagi siswa muslim di sekolah non islam.” 10.
Nasution, Wahyudin Nur. 2017. “Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan, dan prosedur.” 1: 186.
Pamungkas, Bagus, Ika Ratish Sulistiani, dan Khoirul Asfiyak. 2019. “pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa madrasah tsanawiyah darul falah singosari.” jurnal pendidikan islam 4: 93.
Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “belajar dan pembelajaran.” kajian ilmu ilmu keislaman 03: 337.
S, Semsinar. 2019. “urgensi learning resources(sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.” Jurnal kependidikan 13: 195.
Ubabuddin. 2019. “Hakikat belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.” Jurnal edukatif v: 22. Wirawan, Wira. 2020. “pelaksanaan pembelajaran guru bidang studi bahasa indonesia di sma negeri se kecamatan bangkinang kota kabupaten kampar tahun ajaran 2019/2020.” 19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haura Nurshakilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.