ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SD SEKOLAH INDONESIA DAVAO, FILIPINA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23635Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan agar menganalisis implementasi program Merdeka terhadap kreativitas peserta didik kelas IV mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar Indonesia di Davao, Filipina. Kurikulum mandiri merupakan suatu pendekatan pendidikan yang memberi kebebasan bagi pendidik untuk merancang serta melaksanakan aktivitas belajar. Kreativitas mahasiswa dinilai urgent untuk memecahkan tantangan global dan mengembangkan kemampuannya. Metode penelitian ini yaitu studi kasus melalui aktivitas mengumpulkan data dari hasil observasi kelas, wawancara pendidik serta pengisian kuesioner oleh peserta didik. Hasil penelitian menggambarkan implementasi program Merdeka di SD Davao Indonesia memberikan lebih banyak ruang bagi kreativitas siswa. Pendidik mampu mengimplementasikan kreativitasnya dalam mengajar dan fokus pada pengembangan keterampilan kreatif siswa. Namun, sejumlah tantangan juga teridentifikasi selama pelaksanaan program penelitian independen. Beberapa guru masih memerlukan pelatihan tambahan untuk merancang pembelajaran yang merangsang kreativitas siswa. Selain itu, aspek penilaian juga perlu diselaraskan dengan pendekatan kurikulum independen untuk mengukur kemajuan kreatif siswa dengan lebih baik. Studi ini memberikan wawasan berharga mengenai implementasi program Merdeka dalam konteks sekolah di luar negeri di Indonesia dan bagaimana hal ini mempengaruhi kreativitas siswa dalam mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar perbaikan pendidikan lebih lanjut di SD Sekolah Indonesia Davao dan sekolah lain yang mengadopsi Kurikulum Merdeka.References
Alimuddin, Johar. “ Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar perpetration Of Kurikulum Merdeka In Elementary ” 4,No. 02( 2023) 67 – 75.
Ana Widyastuti. Merdeka Belajar Dan Implementasinya Merdeka Guru- Siswa, Merdeka Dosen- Mahasiswa Semua Bahagia. Edited by Resna Anggria Putri. Jakarta Elex Media Komputindo, 2022.
Ayu Reza Ningrum1, Nungky Kurnia Putri2. “ Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD. ” Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7( 2), 2020, 177- 186, 2020.
Barlian, Ujang Cepi. “ Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. ” Journal of Educational and Language Research 1,no. 12( 2022).
Deni Hadiansah,S.Pd.,M.Pd. Kurikulum Merdeka Dan Paradigma Pembelajaran Baru. Edited by Renika Veronika. Cetakan 1. Bandung Yrama Widya, 2022.
Fatmiyati, Nina. “ Persepsi Guru Kelas Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Pada Materi Matematika. ” Jurnal Pendidikan Tematik 3,no. 3( 2022) 19 – 23.
Hamzah,Dr. Amir. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Cetakan Ke. Malang Cv. Literasi Nusantara Abadi, 2019.
Hardani Ahyar. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020.
Ida Fiteriani. “ Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasipada Materi Ipa Di Min Bandar Lampung. ” Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 4 N( 2017) 5.
Ida Fiteriani. “ Praktek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantu Animasi Multimedia Dan Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah. ” Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 6 N( 2019)
Ifrianti, Syofnidah. Konsep Dan Pengembangan Kurikulum. Edited by Anton Tri Hasnanto. 1st ed. Yogyakarta Pustaka Pranala, 2019.
Indrayani, Putu Tedy. Penerapan Strategi Dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Edited by Suci Handayani. Media Sains Indonesia, 2022.
Khoirurrijal. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Cetakan 1. Malang Cv Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Kurniawan, Asep. Metodologi Penelitian Pendidikan. Edited by Nita NurM. Cetakan pe. Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2018.
lise Chamisijatin, Fendy Hardian Permana. Telaah Kurikulum. Umm Press, 2020.
Maskyur. Teori Dan Telah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung Aura Cv. Anugrah Utama Raharja, 2019.
Pratiwi Bernadetta Purba dkk. Kurikulum Dan Pembelajaran. Indonesia Yayasan Kita Menulis, 2021.
Dr.H.E.Mulyasa,M.Pd. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Edited by Lia Inarotut Darojah. Cetakan pe. Jakarta PT Bumi Akasara, 2020.
Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, Herry Hernawan. “ Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. ” Jurnal Basicedu 5,no. 4( 2021) 2541 – 49. https//doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Saryanto. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. Indonesia Media Sains Indonesia, 2022.
Saryanto. Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter Di Masa Merdeka Belajar. Edited by Made Martini. Media Sains Indonesia, 2023.
Tuti Marlina," Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar and Madrasah, “Vol. 1No. 1 Juni 2022. ”.
Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “ Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. ” Jurnal Basicedu 6,no. 5( 2022) 8248 – 58. https//doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.
Ummi Inayati. “ Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad- 21 Di SD/ MI. ” Jurnal International Conference on Islamic Education 2,no.8.5.2017( 2022).
Wijiatun, Lusia. Merdeka Belajar. Edited by Marcella Kika. Edisi 1. Yogyakarta Penerbit ANDI( Anggota IKAPI), 2022.
Wulandari,D.T., & Sayekti,I.C. “ Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. ” Jurnal Basicedu 6,no. 4( 2022) 5877 – 89. https//doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Zahir, Abdul, Rahmawati Nasser, Supriadi Supriadi, and Jusrianto Jusrianto. “ Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. ” Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat 2,no. 2( 2022) 1 – 8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.