PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 05 PONTIANAK UTARA

Authors

  • Tea Shilaturrahmi Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21310

Keywords:

Pengaruh, Problem Based Learning, Media Audio Visual, Penguasaan Konsep IPAS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap penguasaan konsep IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 05 Pontianak Utara. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Quasi-Experimental Design dengan jenis one group pre test-post test design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 26 peserta didik dan peserta didik kelas IV C yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan alat pengumpul data adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil rata-rata tes akhir kelas eksperimen dan rata-rata tes akhir kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (separated varians) diperoleh thitung = 12,4923, sedangkan untuk dk (26 + 28- 2 = 52) dengan taraf signifikan ? = 5% diperoleh ttabel = 2,05183 yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, ini membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap penguasaan konsep IPAS. Berdasarkan hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh ES = 0,64 yang termasuk kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual memberikan pengaruh yang cukup terhadap penguasaan konsep IPAS pada peserta didik kelas IV SD Negeri 05 Pontianak Utara.

References

Nomleni, F., Manu, T. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Developing Teaching Material Of The Props Used To Improving The Concept Of Students, 2019-230. Diunduh dari: https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/1408/964

Saragih, M., Asmayani, S., Sugiyono. (2015). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1-11. Diunduh dari: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/ipdpb/article/view/33439/75676581572

UUD RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliana., Hery, K., Endang U. (2019). Pengaruh Model PBL terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1-14. Diunduh dari: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9127/9071

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Dosen Institut Agama Islam Negeri Ternate, 5(2), 276. DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Shilaturrahmi, T. ., Halidjah, S. ., & Ghasya, D. A. V. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 05 PONTIANAK UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1711–1716. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21310

Similar Articles

<< < 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>