PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK TENGGARA

Authors

  • Ego Rikado Universitas Tanjungpura
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25821

Keywords:

Pengembangan, Modul, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar yang layak digunakan dalam membantu kegiatan proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (RnD) dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Sumber penelitian ini adalah 30 perserta didik dan 3 orang validator ahli yang terdiri atas 1 orang ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian validitas produk Modul Project Based Learning (PjBL) memperoleh kategori “Sangat Valid”. Yaitu pada aspek desain memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,67, pada aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,68, pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,65 pada kegiatan uji coba, aspek kepraktisan produk Modul Project Based Learning (PjBL) memperoleh kriteria “Sangat Praktis” dengan nilai rata-rata 4,69 pada kegiatan uji coba.

References

Afriana, J. (2015). Project Based Learning, Makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung.

Alwi, Z. Ernalida, & Lidya, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia. 16(1), 10-12. Diunduh di

Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UIN Press.

Asrianti, N., Priyadi, T., A., Sabri, T., & Samodra, T., J. (2019). Pedoman penulisan karya ilmiah: skripsi, tesis, dan artikel hasil penelitian. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 1-6.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Diunduh di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/orang%20tua

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah, Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah Atas Diunduh dari

Grant., MM. & Tamim. R. Suha. (2016). Definisi kegunaan studi kasus guru yang melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Jurnal interdispliner pembelajaran berbasis masalah. 7(1).3 Diunduh di

Hasanah, F, N., Untari, R.S., Aulina, C, N., Ramadhan, S. (2022). Pengembangan Modul Pemrograman Visual berbasis Project Based Learning. Edu Komputika Jurnal.9(1). 37-43.

Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permaianan pada Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Hosnan, 2014. Pendidikan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia: Indonesia.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Jawa Timur: Academia Publication.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contoh-contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia Smk Muhammadiyah Wonosari. [skripsi]. Diperoleh di

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.

Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujiarti, L. (2020). Pengembangan Buku Ajar Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Penguatan Konseptual. 3(2) Diunduh di

Nurfitriyani, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol.6, No. 2. Diunduh di

Nurhamdiah, N., Maimunah, M., Roza, Y. (2020). Praktikalitas bahan ajar matematika terintegrasi nilai islam menggunakan pendekatan saintifik untuk pengembangan karakter peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 193-201, DOI: 10.31004/cendekia.v4i1.170

Penggabean, N. H., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Kencana.

Puspitasari, A, D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 7(1), 17-25. Diunduh di

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Gravindo persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Tim Dosen FKIP. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Edisi Revisi. Pontianak: Edukasi Press FKIP Untan.

Tjiptiany, N, E., As’ari, A,R., Muksar, M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(10), 1938-1942 Diunduh di

Vebrianto, R., Husna, L. A., Nupus, H. N., Aries, D., Fitrika., Anjani, G. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL) Versi Daring.

Widoyoko. (2018). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: pustaka belajar.

Yoga. A, (2019). Desain System Pendidikan Abad 21. Bogor: CV RAGAMULYA INSTITUTE

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Rikado, E. ., Halidjah, S. ., & Pranata, R. . (2024). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK TENGGARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2760–2765. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25821

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>