PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI SD NEGERI 21 SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25896Keywords:
Influence, STAD, Learning OutcomesAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Eksperimen, dengan bentuk quasy eksperimental design, desain eksperimen non-equivalent control grup design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Sampel penelitian terdiri dari kelas VI A (28 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B (27 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran. Instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 45 soal. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test ( polled varians) diperoleh thitung = 2,766 sedangkan dk ( 28+27-2=53) dengan taraf signifikan ? = 5% diperoleh ttabel = 1,6785, yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, ini membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh sebesar 0,52 yang termasuk kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint memberikan pengaruh sedang terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD Negeri 21 Sungai Raya.References
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintergrasi Kurikulum 2013. Malang: Gava Media
Hamalik, O. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamdayana, J. (2014). Model dan metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kustandi, C. , & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nabilah, H. N. (2018). Pengaruh Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan [ Skripsi]. FKIP UNTAN Pontianak.
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversitas Press.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rusman (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori,Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Saputra, A. (2019). Pengaruh Model “ Cooperstive Tipe (STAD) Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPA kelas V SDN 06 Koto Baru Dharmasraya. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), DOI: https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101332
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjiono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Pesada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suprihatinigrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM (Cetakan ke-17). Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) (Cetakan ke-1). Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iswani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.