PENINGKATAN MOTIVASI KERJA GURU MELALUI PERANAN KEPALA SEKOLAH DI SMAIT AL-AZHAR JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36809Keywords:
Kepala Sekolah, Motivasi KerjaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi guru pada SMAIT Al-Azhar Jambi. Penelitian ini adalah Kualitatif atau. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru-guru SMAIT Al-Azhar Jambi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan studi dokumen, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa; 1) Peran Kepala Sekolah memiliki tugas dalam memberikan arahan, masukan, bimbingan serta mengawasi dan meningkatkan kinerja guru terutama fokusnya dalam meningkatkan kinerjanya dan memotivasi guru agar dalam proses Belajar-Mengajar berlangsung dengan baik. Namun juga terkadang saya ikut andil dalam mengawasi merak dalam proses KBM agar dapat melihat sepertia apa mereka mengajar, media seperti apa yang digunakan dan sebagainya agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif saya memberikan arahan kepada semua tenaga pendidik Sekolah, 2) Motivasi kerja guru dipengaruhi oleh keterlibatan kepala sekolah dalam melaksan perannya sebagai pemimpim yang baik, bijaksana, mengayomi, memberikan motivasi kepada bawahan serta menjadi seorang supervisor yang mampu membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya agar tercapai tujuan yang diinginkan; 3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam memotivasi kerja guru adanya perbedaan karakter anatr individu karenanya Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja.References
Agustin, R., dan Kurniawati. (2022). Pengaruh Innovations dan Social Influence Terhadap Commitment dan Behavioural Intention. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi.Vol. 6 No. 3, 2022
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Anwar Prabu Mangkunegara, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosda
Ardana dkk. 2008. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Arif S. Sadiman. 1992. Media Gambar. Jakarta: Balai Pustaka
Dewi, R. S. (2018) ‘Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar’, Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), pp. 150–159.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Hasanah, Nasor,dkk. 2023. Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Negeri. Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 2 (2).589-602
Hanitijo, Ronny Soemitro 2004. Metode PendekatanHukum. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kusuma, Y. W. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Insentif terhadap Semangat Kerja Karyawan CV. F.A Management. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5, (2) : pp. 1-15.
Miles, M. B. and Huberman, A. M. (2007) ‘Analisis Data Kualitatif. Terjemahan: Rohidi TR’, R.(Jakarta: Universitas Indonesia, 1992).
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 1985. Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung
Sugiyono, D. (2013) ‘Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D’.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen ayat (1) Bab I ketentuan umum tentang Guru dan Dosen
Wahjosumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Agustina, R., & Hutabarat, Z. S. (2023). Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping): Motivasi Belajar Melalui Keterampilan Menulis. Eureka Media Aksara, 1–21. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Anggraini, N., & Hutabarat, Z. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 8 Kota Jambi ". Scientific Journals of Economic Education, 6(1), 15–26.
Dacholfany, M. I., Ikhwan, A., Budiman, A., Hutabarat, Z. S., Riady, Y., Hutabarat, Z. S., Yusdi Andra, Denny Denmar, Z. S. H., Rosmiati, Z. S. H., Keguruan, F., Jambi, U. B., Kagermann, H., Annisa Sepriani, Z. S. H., Harbeng Masni, Zuhri Saputra Hutabarat, Lili Andriani, D. A., Suratno, M., Saputra Hutabarat, Z., Sari, N., Suratno, S., Hutabarat, Z. S., Denmar, D., … Unbari, F. (2023). Teachers’ Constraints in Organizing Learning Process for High School Students in Jambi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1667
Hutabarat, Z. S. (2022). The Effect of Motivation and Learning Effectiveness and the Quality of Economic Education Study Program Graduates. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4003–4010. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1670
Hutabarat, Z. S. (2023). Kesulitan Belajar Akuntansi Keuangan (Studi Kasus Pada Materi Merchandise Inventory Management). Eklektik?: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(2), 149. https://doi.org/10.24014/ekl.v5i2.19154
Hutabarat, Z. S., & Ekawarna, E. (2023). Development of Teaching Materials on Learning Economic Models to Improve Students’ Cognitive Achievement. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1204–1212. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1679
Hutabarat, Z. S., Lela, L., Masni, H., & Pratiwi, H. (2024). IbM MAHASISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA 3D PEMBELAJARAN DALAM PERSIAPAN PRAKTEK MENGAJAR. Pengabdian Deli Sumatera, 3(1), 36–44.
Hutabarat, Z. S., Riady, Y., Amral, S., Sumiharti, S., Susanti, H., Saputra, T., Affrian, R., & Taufan, A. (2023). Teaching Practice Program in College of Education – Creativity, Emotional Intelligence and Locus of Control. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(1), 244. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.6416
Hutabarat, Z. S., Wiryotinoyo, M., Masni, H., & Handayani, R. (2022). Teachers’ Constraints in Organizing Learning Process for High School Students in Jambi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 4939–4946. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1667
Manik, Y. M., Rahim, A., Harman, H., Hutabarat, Z. S., Dacholfany, I., Yati, Y., Rizkiwati, B. Y., & Sembiring, B. (2023). Tracing Teacher Performance?: Commitment and Work Motivation of Jambi Province Teachers. 15, 6437–6445. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3200
Masni, H., & Hutabarat, Z. S. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Lash Animation With Swish Max Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 257. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i2.147
Masni, H., Rahima, A., & Hutabarat, Z. S. (2021). Implementasi Penanaman Kesadaran Pentingnya Keterampilan Soft Skills Entrepreneurship Wadah Pengembangan Fkip Unbari. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(2), 52–62. https://doi.org/10.24127/pro.v9i2.4512
Phongsavath, P., Andriani, R., & Saputra Hutabarat, Z. (2022). Perception of Economics Instruction on Technology Instruments to Face the Pandemics Covid-19. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 68. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.276
Pudjaningsih, W., Rustantono, H., Nurpeni, N., Budiyono, H., Hutabarat, Z. S., Nor, B., & Taufan, A. (2023). The Influence of School Environment and Teacher Communication on Economics Teacher Competence in Jambi Province. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3471–3479. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3084
Rahim, A., Masni, H., Afrila, D., Hutabarat, Z. S., Yarmayani, A., Pamungkas, A., & Syaputra, D. (2023). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah?: Eureka Media Aksara, 1–23. https://www.google.co.id/books/edition/MENUMBUHKAN_EKONOMI_KREATIF_DENGAN_PEMAN/MJwQEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pemanfaatan+barang+bekas&printsec=frontcover
Rosmiati, Nurmala Sari, Novia Sri Dwijayanti, Z. S. H. (2021). Increasing Student Economic Analysis Ability Through the Application of Case Study Methods in Capita Selekta Courses. 12(10), 2480–2490.
Rosmiati, Z. S. H. (2016a). HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING SISWA SMA KOTA JAMBI. 9(2), 1–23.
Rosmiati, Z. S. H. (2016b). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989
Rustantono, H., Rasyid, H., Nur Cholifah, T., Eka Yanti, Y., Amral, S., Saputra, T., & Saputra Hutabarat, Z. (2024). Exploring the Role of Family Economic Education in Meeting Economic Demands, Sociocultural Dynamics, and Enhancing Economic Literacy. Jurnal Pendidikan, 16(2), 1947–1958. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4942
Saputra Hutabarat, Z. (2017). Analisis Kepemilikan Atribut Soft Skills Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Univesitas Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 145–155.
Saputra, Z., Sembiring, B., Masni, H., Rahim, A., Zahar, E., Pratiwi, H., Tara, F., Andriani, L., Guru, K., & Belajar, H. (2024). BELAJAR SISWA?: PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN. 7, 7504–7517.
Syuhada, S., Masni, H., Rahima, A., Zahar, E., Pudjaningsih, W., Budiyono, H., Wennyta, W., Syahputra, M. H. I., Harman, H., & Hutabarat, Z. S. (2023). The Perceptions of Jambi Province Students on the Teaching Profession. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2507–2517. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2944
Zahar, E., Masni, H., Hutabarat, Z. S., Pratiwi, H., & Tara, F. (2024). LEARNING OUTCOMES?: SOCIAL SUPPORT , SELF- CONFIDENCE , AND ECONOMIC LEARNING MOTIVATION. 4(1), 15–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Idris Adddayan, Mohammad Muspawi, K.A Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.