PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Muhammad Muhammad Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36905

Keywords:

Tematik Terpadu, Pendekatan Saintifik, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model tematik terpadu yang independen dan berkualitas tinggi dengan fokus pada pembelajaran tematik yang belum dioptimalkan dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui seberapa efektif model ini untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pembelajaran siswa sekolah dasar yang sesuai dengan era modern. Desain penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan untuk melakukan penelitian ini, yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Mereka yang terlibat dalam validasi model adalah praktisi dan akademisi. Untuk menguji efektivitas model, kegiatan eksperimental dilakukan menggunakan One Group Desain Pretest-Posttest. Hasil validasi model menunjukkan bahwa komponen pembelajaran tematik terpadu valid dengan persentase 86,70% dan 90,20%. Selain itu, uji penguasaan materi (kognitif) menerima hasil 0,50, yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik meningkatkan hasil belajar secara signifikan.

References

Allen, K.N. & Friedman, B.D. 2010. Affective Learning: a Taxonomy for Teaching Social Work Values. Journal od Social Work Values and Ethics, 7(2)

https://jswve.org/download/2010-2/JSWVE-Fall-2010-Complete.pdf

Arsad, N. M., Osman, K., & Soh, T. M. T. (2011). Instrument development for 21st century skills in Biology. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 1470-1474

https://core.ac.uk/download/pdf/82541365.pdf

Azhar. (2018). Penggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan. Vol 7, No 1 hal 29-50

http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3319/2317

Dyer, J.H., Gregersen, H., & Christensen, C.M. (2009). The Innovator’s DNA. Harvard Business Review.

https://hbr.org/2009/12/the-innovators-dna

Fanani, Ahmad & Rusijono, Rusijono. (2018). The Effect of Scientific Approach Towards Students’ Activity and Learning Outcomes. Proceedings: Advances in Social Science, Education and Humanities Research.

https://dx.doi.org/10.2991/icei-18.2018.82

Firman, Baedhowi, & Murtini. (2018). The Effectveness of The Scientifik Approach to Improve Student Learning Outcmes. Internatinal Journal of Active Learning, 3(2), 86-91

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/13003

Griffin, P., McGaw, B. and Care, E. (eds). (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht, NL, Springe

Haji, Sun. (2015). Pembelajaran Tematik Yang Ideal Di SD/MI. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. 3(1) 56-69

https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/47

Irene, Childa. (2013). Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik. Thesis (S1). Universitas Negeri Yogyakarta

https://eprints.uny.ac.id/14838/

Jannah, M. dkk. 2017. Elemen Penting Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. 6(31), 803–812

http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/945/617

Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, Dan Penilaian). Bandung: Alfabeta

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja. Rosdakarya

Osman, K., Hiong, L. C., & Vebrianto, R. (2013). 21st century biology: an nterdisciplinary approach of biology, technology, engineering and mathematics education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 102, 188-194.

https://core.ac.uk/download/pdf/82311706.pdf

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. http://www.p21.org/our-work/p21-framework/P21_Framework_Definitions_New_Logo2015.pdf

Prasetya, T.I. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMP N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation. 1(2) 106-112

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/873

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana

Rachmawati. (2015). Penguasaan ketrampilan membaca, menyelesaikan tugas, dan klarifikasi dalam pembelajaran oleh guru IPA SMP di Banyuwangi. Thesis. Universitas Negeri Jember

http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/77803/Rachmawati%20-%20140220104002_.pdf?sequence=1

Rustaman. (2001). Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sulistiani, W., dan Arya, L. (2014). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kelautan dan Kemaritiman pada Anak Usia Dini di PAUD Non Formal. Prosiding. Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia IV. Universitas Hang Tuah

http://repository.hangtuah.ac.id/repository/index.php?p=show_detail&id=321

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta

Trianto. (2011). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Utami, K.N, Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII (1), 14-25

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492

Wartini, I. A. K., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Implementasi Pendeatan Saintifik terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

https://media.neliti.com/media/publications/123907-ID-pengaruh-implementasi-pendekatan-saintif.pdf

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Kalimantan Barat: STKIP Persada Katulistiwa Sintang

http://www.academia.edu/download/55066726/SitiZubaidah-STKIPSintang-10Des2016.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Muhammad, M. (2024). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15908–15916. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36905