ANALISIS PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37347Keywords:
Teknologi, Pembelajaran Kolaboratif, Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran kolaboratif di lingkungan perguruan tinggi. Pembelajaran kolaboratif menjadi pendekatan yang semakin diterapkan di perguruan tinggi karena mampu mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah mahasiswa. Teknologi, seperti Learning Management System (LMS), aplikasi berbasis cloud, dan perangkat lunak kolaboratif, memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran ini dengan memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi tanpa batasan ruang dan waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana berbagai penelitian terdahulu terkait implementasi teknologi dalam pembelajaran kolaboratif dianalisis secara sistematis. Temuan menunjukkan bahwa teknologi dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih baik, menyediakan aksesibilitas yang lebih luas terhadap materi pembelajaran, dan memungkinkan umpan balik yang cepat dari dosen. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya literasi digital, dan minimnya dukungan teknis dari institusi dapat menghambat efektivitas pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar perguruan tinggi memberikan akses teknologi yang setara serta pelatihan literasi digital untuk mendukung keberhasilan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi implementasi teknologi yang lebih inklusif dan efektif untuk pembelajaran kolaboratif di perguruan tinggi.References
Aditama, P. W., Yanti, C. P., & Sudipa, I. G. I. (2023). TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA LONTAR PRASI BALI. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.214
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57–68.
Erwis, F., Jixiong, C., Rahayu, N., Raharja, A. R., & Zebua, R. S. Y. (2024). Use of Augmented Reality (AR) in Mobile Learning for Natural Science Lessons. Journal of Social Science Utilizing Technology, 2(1), 338–348.
Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84.
Hanafiah, H. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN (LMS) DALAM KONTEKS PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1147–1162.
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20.
Noerpratomo, R. H., Robandi, B., & Mustika Fitri. (2024). Pedagogi Olahraga dan Kebugaran Anak Usia Dini: Systematic Literature Review. Jurnal.Stokbinaguna.Ac.Id, 5(1), 287–294. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i1.2662
Papanastasiou, G., Drigas, A., Skianis, C., Lytras, M., & Papanastasiou, E. (2019). Virtual and augmented reality effects on K-12, higher and tertiary education students’ twenty-first century skills. Virtual Reality, 23(4), 425–436.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Semnasteknomedia Online, 5(1), 4–6.
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.
Saputra, A. M. A., Ramadhani, K., & Ramadhani, S. (2023). PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), 40–52.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.
Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26.
Yana, D., & Adam, A. (2019). Efektivitas penggunaan platform lms sebagai media pembelajaran berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Dimensi, 8(1), 1–12.
Zain, F. K., Azizah, L. F., & Hidayat, J. N. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Prosiding SNAPP: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 2(1), 179–190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.