AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN AKADEMIS MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA

Authors

  • Indra Farman Universitas Islam Makassar
  • Hermila A Universitas Negeri Gorontalo
  • Dzakiyah Ulya Yusuf Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37199

Keywords:

Keterampilan Akademik, Ekstrakurikuler, Mahasiswa Teknik Informatika, Pengembangan Kompetensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap keterampilan akademik dan sosial mahasiswa Teknik Informatika. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 109 responden. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dan keterampilan akademik serta sosial, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0.859. Model regresi menunjukkan bahwa 73.8% variasi dalam keterampilan akademik dan sosial dapat dijelaskan oleh keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Mayoritas responden melaporkan tingkat keterampilan yang baik, namun ada juga sejumlah kecil mahasiswa yang kurang aktif dalam kegiatan ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya meningkatkan keterampilan akademik, tetapi juga keterampilan sosial mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan institusi pendidikan untuk meningkatkan aksesibilitas dan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler agar lebih banyak mahasiswa dapat merasakan manfaatnya. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler dapat dioptimalkan sebagai sarana untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa secara menyeluruh.

References

Agustina, I. O., Juliantika, J., Saputri, S. A., & N, S. R. P. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.55606/Jubpi.V1i4.2001

Aliu, J., & Aigbavboa, C. (2023). Reviewing The Roles Of Extracurricular Activities In Developing Employability Skills: A Bibliometric Review. International Journal Of Construction Management, 23(10), 1623–1632. Https://Doi.Org/10.1080/15623599.2021.1995807

Faridah, S., & Darussallam, D. (2021). Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Bidang Non Akademik (Studi Kasus Di Mts Negeri 1 Sampang). Journal Ta’limuna, 10(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.32478/Talimuna.V10i1.687

Griffiths, T.-L., Dickinson, J., & Day, C. J. (2021). Exploring The Relationship Between Extracurricular Activities And Student Self-Efficacy Within University. Journal Of Further And Higher Education, 45(9), 1294–1309. Https://Doi.Org/10.1080/0309877x.2021.1951687

Kholiavko, N., Detsiuk, T., & Tarasenko, O. (2020, January 1). Extracurricular Activity Of Engineering Students: Trends And Motives. | Ebscohost. Https://Openurl.Ebsco.Com/Contentitem/Gcd:144467798?Sid=Ebsco:Plink:Crawler&Id=Ebsco:Gcd:144467798

Kim, S., Jeong, H., Cho, H., & Yu, J. (2023). Extracurricular Activities In Medical Education: An Integrative Literature Review. Bmc Medical Education, 23(1), 278. Https://Doi.Org/10.1186/S12909-023-04245-W

Luthfia, H. U., & Mustofa, T. A. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non-Akademik Peserta Didik Melalui Manajemen Kesiswaan Di Sma Al-Islam 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.58230/27454312.622

Munadi, M., Annur, F., Inderasari, E., Alwiyah, N., Umar, A., & Khuriyah, K. (2021). Student Soft Skill Development Through Extracurricular Activities At Higher Education In Indonesia. Psychology And Education, 58(5), Article 5.

Nafi’ah, Z., & Suyanto, T. (2014). Hubungan Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Akademik Dan Non Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 799–813. Https://Doi.Org/10.26740/Kmkn.V3n2.P799-813

Rahman, S. R., Islam, Md. A., Akash, P. P., Parvin, M., Moon, N. N., & Nur, F. N. (2021). Effects Of Co-Curricular Activities On Student’s Academic Performance By Machine Learning. Current Research In Behavioral Sciences, 2, 100057. Https://Doi.Org/10.1016/J.Crbeha.2021.100057

Ribeiro, N., Malafaia, C., Neves, T., & Menezes, I. (2024). The Impact Of Extracurricular Activities On University Students’ Academic Success And Employability. European Journal Of Higher Education, 14(3), 389–409. Https://Doi.Org/10.1080/21568235.2023.2202874

Siregar, M. N. N., & Oktavianto, R. (2024). Need Assessment Pembinaan Ekstrakurikuler Kemahasiswaan Di Perguruan Tinggi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i3.861

Sukarwoto, S., Akbar, M. C., & Hutabarat, G. C. M. (2023). Pengembangan Kreativitas Taruna/I Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Lingkup Sekolah Kedinasan. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(7), Article 7. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V2i7.1106

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V2i1.45

Umam, K. (2012). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Sains Dan Perilaku Sosial Pelajar. Jurnal Peluang, 1(2), Article 2. Https://Jurnal.Usk.Ac.Id/Peluang/Article/View/1062

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Farman, I. ., A, H. ., & Yusuf, D. U. . (2024). AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN AKADEMIS MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16111–16118. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37199