PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARANPENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SDN 30 PONTIANAK UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25399Keywords:
Pengaruh, Puzzle, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Utara pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Eksperimen, format studi desain kuasi eksperimental, dan desain eksperimental dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian yaitu adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Utara. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas IV A (24 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B (24 siswa) sebagai kelas kontrol . Data dihimpun berupa hasil belajar siswa dikedua kelas yang diberikan secara langsung oleh siswa. pendekatan yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik pengukuran melalui instrumen pengumpulan data berbentuk soal tes pilihan ganda. Selain itu uji-t akan digunakan untuk melakukan analisis. Adapun hasil analisis, (thitung 4,063) > (ttabel 1,678), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Berasarkan hal tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa di berikan media pembelajaran puzzle saat diajarkan dan tidak menggunakan media puzzle saat diajarkan. Dari perbedaan ini lalu kemudian dilakukan uji menggunakan effect size, diperoleh ES sebesar 1,17 dengan kriteria sangat tinggi. Pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Utara, media pembelajaran puzzle mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila.References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian …, 01(20), 120–130.
Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355
Ari Utami, N. P. M., Ganing, N. N., & Rini Kristiantari, M. G. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035
Hasriani. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sdn 72 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Riskesdas 2018, 1–12.
Hidayat, D., Tanjung, S., & Sutopo, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3587
Imran, Aswar, Pratiwi, A. dan S. A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(9), 701–711.
Julianisa, J., & Winanto, A. (2022). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9979–9988. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4208
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widy.
Maulida, A., & Zulfitria. (2018). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Autis Melalui Pemanfaatan Media Puzzle Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 120–130. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=FRKlSUwAAAAJ&citation_for_view=FRKlSUwAAAAJ:2osOgNQ5qMEC
Minasari, A., Indraswati, D., Purwasito, A., & Setiawan, I. A. (2021). Perkenalan Dunia Internasional sebagai Pendidikan Multikutural pada Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Puzzle. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2124–2133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.733
Mufidah, H. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.11980
Mustamiin, M. Z., & Muzakkir, M. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Takaku terhadap Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas VI. Fondatia, 6(1), 22–31. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i1.1645
Nafisah R, N. Z., & Syamsudin, A. (2023). Perbedaan Tingkat Konsentrasi dalam Penyelesaian Puzzle oleh Anak Usia 3-4 Tahun antara yang Merangkak dan Tidak Merangkak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2518–2527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4322
Reinita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107405
Risnawati, R., Wibowo, A., & Bahar, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD di Kabupaten Gowa. Pepatudzu?: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 118. https://doi.org/10.35329/fkip.v15i2.468
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT. Remeja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas Xi Sma Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2), 132–138. https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.9911
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yati Rivani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.