PERANAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU BAIK REMAJA DI HKBP SIMPANG PENARA RESORT SIMPANG PENARA

Authors

  • Richad Rikky Harry Manullang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Imelda Butarbutar Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20047

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga, Perkembangan Perilaku Baik Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan pendidikan agama Kristen dalam keluarga terhadap perkembangan perilaku baik remaja di HKBP Simpang Penara Ressort Simpang Penara dengan responden berjumlah 50 orang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif . Dimana penelitian ini menyebarkan angket atau kuisioner dengan dua variabel yaitu variabel X (pendidikan agama Kristen dalam keluarga) dan variabel Y (perkembangan perilaku baik Remaja). Dilihat dari uji validitas angket dinyatakan valid dengan angka sebesar 0,279 kemudian dilihat dari uji reliabilitas angket dinyatakan reliable dengan hasil sebesar 0,279 dan uji normalitas variabel X dengan hasil D(0. 126975)<K(0.188) dinyatakan variabel X berdistribusi Normal dan uji normalitas variabel Y dengan hasil D(0.1342912)<K(0.188) dinyatakan variabel Y berdistribusi Normal. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama Kristen dalam keluarga berpengaruh terhadap perkembangan perilaku baik remaja. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga, Perkembangan Perilaku Baik Remaja. This research aims to determine the extent to which Christian religious education in the family plays a role in the development of good behavior among teenagers at HKBP Simpang Penara Resort Simpang Penara with 50 respondents. This research uses quantitative research. Where this research distributes questionnaires or questionnaires with two variables, namely variable X (Christian religious education in the family) and variable Y (development of good behavior in adolescents). Judging from the validity test, the questionnaire is declared valid with a figure of 0.279, then seen from the reliability test, the questionnaire is declared reliable with a result of 0.279 and the normality test for variable Y with the result D(0.1342912)<K(0.188) is stated as variable Y having a Normal distribution. So from these results it can be concluded that Christian religious education in the family influences the development of good behavior in adolescents.

References

La’bi, T. A. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen. 254–268.

Enos Pala’buan. (2003). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Terhadap perilaku dan kepribadian Remaja Di “Perindingan.”

Liska Yohanis. (1991). Peran PAK di Dalam Keluarga terhadap

Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja.

Stevanus, K., & Vivone Vriska Macarau, V. (2021). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Era 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 120–121. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.

Ratag, A. E. (2022). Sumbangan Martin Luther Terhadap Pendidikan Agama Kristen. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 5(2), 105–115. https://doi.org/10.53827/lz.v5i2.96.

Rinaldus Tanduklangi. (2020). Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Matius 28:19-20,. Peada. Iakn-Toraja. Jurnal Pendidikan Kristen, 1, No.1(1), 47–58. http://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/14.

Harefa, O. (2016). Keluarga Sebagai Pusat Pembentukan Rohani Anak. Sttrb, 1(1), 1–21.

Sarimin, F. (2019). Pengaruh pendidikan agama kristen terhadap pertumbuhan iman anak. Salvation, 1, 6.

Bua, S. R. (n.d.). Kata-kata kunci: Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga, Perilaku Anak.

Tafanao, T. (2018). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak. Pendidikan Dan Pembelajaran, 243.

Tindagi, M. G. K. (2017). Indikator Penanaman Nilai-Nilai PAK Dalam Keluarga Bagi Perbinaan Iman Anak Remaja Di Zaman Now. Missio Ecclesiae, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.52157/me.v6i1.67.

vonny Ells Dkk. (2021). Pendidikan Agama Kristen Dalam keluarga. Stteriksontritt, 1(1), 106.

Education, E., Elisa, P. N., & Perjuangan, U. B. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 446–452.

Ratna, Khoirul, N., & Ridho, M. (2021). Citra ekonomi. 5(1), 90–100.

Brigette Lantaeda, S., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2002). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 04(048), 243.

Nani, T. T. (2017). Peran KIM Daerah Tertinggal dalam Memanage Informasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Sekitar. Jurnal Komunika?: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(1),30.https://doi.org/10.31504/komunika.v6i1.987.

Munandar, H., Arifin, H. M. Z., & Zulfiani, D. (2019). Peranan Tenaga Pendamping Sosial Dalam Pelaksanaan Program. Ejournal Administrasi Negara, 7(4), 9452–9465.

Iii, B. A. B. (2014). 31–34.

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2021). 22–39.

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Gisely Vionalita S.KM, M. S. (2020). Modul Metodologi Penelitian Kuantitatif. 0–17.

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Siregar, N. (2018). Mengikuti Teladan Kristus, Partisipasi terhadap Misi Allah: Catatan Reflektif Seorang Pendeta Batak. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3925%0Ahttps://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3925/Jurnal Sige, 2018.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Siregar, N. (2019). Pengaruh Kualitas Diri dan Kreativitas Diri Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Gereja. 1–39.

Siregar, N. (2015). Profesi Kependidikan. LSAPA- STT HKBP Pematangsiantar.

Siregar, N., Limbong, S., Pote, D., & Hutahaean, H. (2021). Eksegetis Sosial-Saintifik. 3(2), 1–14.

Siregar, N., Munthe, B., Pasaribu, S., Samosir, D., Silalahi, J., & Sirait, P. E. (2019). Etika Kristen Dasar Etika Pendidikan Dan Membangun Karakter Bangsa. 244.

Siregar, N. (2018). Mengikuti Teladan Kristus, Partisipasi terhadap Misi Allah: Catatan Reflektif Seorang Pendeta Batak. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3925%0Ahttps://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3925/Jurnal Sige, 2018.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Siregar, N. (2019). Pengaruh Kualitas Diri dan Kreativitas Diri Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Gereja. 1–39.

Siregar, N. (2015). Profesi Kependidikan. LSAPA- STT HKBP Pematangsiantar..

Siregar, N., Limbong, S., Pote, D., & Hutahaean, H. (2021). Eksegetis Sosial-Saintifik. 3(2), 1–14.

Siregar, N., Munthe, B., Pasaribu, S., Samosir, D., Silalahi, J., & Sirait, P. E. (2019). Etika Kristen Dasar Etika Pendidikan Dan Membangun Karakter Bangsa. 244.

Siregar, N., Siregar, H., & Hutahaean, H. (2021). Application of the Picture and Picture Type of Cooperative Learning Model in Improving Student Learning Creativity. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 23–36. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i1.20300

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Manullang , . R. R. H., Silalahi , J. ., & Butarbutar, I. . . (2023). PERANAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU BAIK REMAJA DI HKBP SIMPANG PENARA RESORT SIMPANG PENARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2332–2340. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20047

Most read articles by the same author(s)