UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN PKN DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SMP CERDAS MANDIRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Rince Rince Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elizabeth br Tinambunan Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20933

Keywords:

Kemampuan, Alat Peraga Pembelajaran, Kunjungan Kelas.

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan kemampuan Guru Mata Pelajaran PKndi SMP CERDAS MANDIRI dalam menggunakan alat peraga pembelajaran dalam penggunaan alat peraga pembelajaran setelah dilaksanakan supervisi kunjungan kelas. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran menggunakan alat peraga pembelajaran pada kondisi awal hanya mencapai angka rerata sebesar 57,58 dengan kriteria kurang dan siklus pertama meningkat menjadi 68,18 dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi 80,30 dalam kriteria sangat baik, dan secara individual per guru pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 5 guru atau 45,45% dan pada siklus terakhir menjadi 100%, dan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan alat peraga pembelajaran pada kondisi awal hanya mencapai angka rerata sebesar 59,22 dengan kriteria kurang dan siklus pertama meningkat menjadi 69,57 dalam kriteria cukup dan pada siklus terakhir menjadi 84,22 dalam kriteria sangat baik, dan secara individual per guru pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, meningkat menjadi   45,45% dan pada siklus terakhir menjadi 100%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi dengan teknik kunjungan kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru-guru di SMP CERDAS MANDIRI Semester 2  Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam penggunaan alat peraga pembelajaran,  Sehingga ntuk luaran penulis berharap bisa ke sinta lima.

References

Arief S. Sardiman, 2011. Media Pendidikan;Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta:Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta.

Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darhim. (1986). Media dan Sumber Belajar, Jakarta I. UniversitasTerbuka. Depdikbud

Darmadi, Hamid. (2009), Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung :Pustaka Setia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta.

Hasibuan, Malayu S. P, dkk. 1988. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Indrafachrudi, Soekarto dan Hendyat Soetopo. 1989. Administrasi Pendidikan. Malang : IKIP Malang.

Lovell, Jhon & Wiles Kimball. 1993. Supervision For Better Schools : Fifth Edition. New Jersey : Prentice-hall, Inc.

Martin Handoko (1992 ). Motivasi daya penggerak tingkah laku. Yogyakarta :

Kanisius

Mohammad Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Mata Pelajaran PKnProfesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. 2005. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Oliva, P.F.1984. Supervision for Todays School. New York: Tomas J. Crowell Company

P3G, 1980, Pemilihan Bahan Pengajaran. Jakarta: Penlok P3G

Rina Dyah Rahmawati, dkk. (2006). Petunjuk Penggunaan Alat Peraga di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Sahertian, Mataheru, Frans, 1985, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan,. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional

Sahertian, Piet. 1989. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Salamah. 2004. ”Kemampuan Mengajar Guru Mata Pelajaran PKnSekolah Dasar” dalam Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 6 No. 1, April 2004.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sergiovanni, T.J. (1991). The principalship : A reflective practice perspective (2nd ed). Boston: Allyn and Bacon.

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad, 2002. Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo:Bandung

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Balajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 1996. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Supandi. 1990. Model Pembelajaran Pendidikan. IKIP Yogyakarta : Direktorat Jenderal Tinggi.

Sutrisna. 1993. Administrasi Pendidikan: Desain Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Penerbit Angkasa.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Guru Mata Pelajaran PKndan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Uno, Hamzah. B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Usman, M. 1990. Menjadi Guru Mata Pelajaran PKnProfesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zahara Idris, 1981. Dasar-Dasar Kependidikan, Padang: Angkasa Raya

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Rince, R., Silalahi, J. ., & Tinambunan, E. br . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN PKN DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SMP CERDAS MANDIRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1418–1423. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20933

Most read articles by the same author(s)