IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING DENGAN TEKNIK RAPID IDEATION DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19378Keywords:
Metode Brainstorming, Kreatifitas Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas IX di SMP Swasta Nasional Gultom. Penelitian ini pada indikator kemampuan berfikir kreatif. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan metode pembelajaran Brainstorming, hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif peserta didik berada pada kategori kreatif yaitu dengan skor rata-rata 83,1% pada kelas dengan menggunakan metode Brainstorming dan pada kelas menggunakan metode ceramah analisis data kemampuan berpikir kreatif peserta didik berada pada kategori cukup kreatif yaitu dengan skor rata-rata 71,00%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.References
Abdullah, R. (2022). Inovasi Pembelajaran.
Alijoyo. (2021). Brainstorming Curah Pendapat. 1–12. www.lspmks.-
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Baskoro, S. (2018). Pengertian, Tujuan dan Prinsip-prinsip Pendidikan Agama Kristen.
Dirlanudin, D. (2018). Pengembangan Bakat Kreativitas Anak. Jurnal Teknodik, 174–187. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.399
Firman. (2015). Analisis Data Dalam Kualitatif. Article, 4, 1–13.
Grafura, L. (2014). Metode & Strategi Pembelajaran Yang Unik.
Harianto. (2021). Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini.
Hasudungan Simatupang, M. P. (2020). Pengantar Pendidikan Agama Kristen.
Herak, R., & Hadung Lamanepa, G. (2019). Meningkatkan Kreatifitas Siswa melalui STEM dalam Pembelajaran IPA Increasing Student Creativity through STEM in Science Learning. In Jurnal EduMatSains (Vol. 4, Issue 1).
Indrawati, M. (2016). Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing. Modul Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/ Inpassing Berbasis E - Learning, 6–8. file:///C:/Users/ACER/Downloads/Documents/Metode Pembelajaran (OK).pdf
Kartika, R. (2018). Pengaruh Model Problem Centered Learning terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMK PAB 3 Medan Eetate. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 60–67. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Lendo, O. (2019). Pengertian dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen.
Lukitasari, M. W. (2019). Implementasi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Jasa Travel Pada Wisatawan Mancanegara. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 5(3), 248–253.
Maslinawati, M. (2021). Meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa menggunakan kartun digital berbasis aplikasi carton story maker. Indonesian Journal of Educational …, 2, 229–239. https://doi.org/10.5281/zenodo.5236098
Miles, M. . & H. A. . (1984). Analisis Data Kualitatif.
Muharwati, T. I. (2014). Hubungan Sense Of Humor Dengan Kreativitas Pada Siswa Kelas XI MA Negeri Tlogo-Blitar. Skripsi , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 15.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbaka.
Muri, Y. A. (2014). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”.
Mustikasari, D. F. (2022). Implementasi Metode Brainstorming dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. 1–73. http://etheses.iainponorogo.ac.id/19743/1/208180051_Dhea Fitaloka Mustikasari_TIPS.pdf
Nugrahani, D. F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Qamar, N. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.
R Ruskarini. (2017). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Akidah melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam(SKI) di MTs An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Penelitian Kualitatif, 66, 1–66.
Ramli. (2015). Pengertian Peserta didik. Journal of Japan Society for Bronchology, 1(20), 99.
Roestiyah. (2012). Strategi belajar mengajar.
Sari, N. J. (2021). Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Di Kelas Va Sd Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Frontiers In Neuroscience, 14(1), 1–13.
Serrano, J. B. N. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII.
Sidabutar, R., & Sijabat, O. P. (2021). Implementation Of The Brainstorming Method In. 1, 37–45.
Sit, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).
Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Kapabilitas Belajar Dalam Proses Pembelajaran (Kajian Konsep Teori Gagne Dalam Praktek Pembelajaran). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Suyanto, B. (2010). Bagong Suyanto, Masalah Sosial Anak , (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2010) h. 182 33. Masalah Sosial Anak, 1–10.
Veny, E. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming.
Wahab. (2001). Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara.
Widowati, A. (2016). Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berfikir Kreatif Dalam Pembelajaran Sains Biologi.
Nurliani Siregar. (2015) Belajar dan Pembelajaran
Zuhri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2006.
Nurliani Siregar. (2012) Profesi Kependidikan : Kependidikan Profesi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sara Meylan Purba , Imelda Butarbutar, Jojor Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.