IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GALANG

Authors

  • Hana Greaty Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Imelda Butarbutar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19617

Keywords:

implementasi, media sosial, tiktok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat implementasi media sosial Tik Tok dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Galang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner (angket). Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan metode wawancara. Teknik kuesioner dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa untuk melihat apakah minat belajar nya meningkat atau tidak. Analisis data penelitian bersikap deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pendidikan agama kristen di SMP Negeri 1 Galang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media sosial Tik Tok dalam pembelajaran PAK sangat berperan untuk meningkatkan minat belajar pada siswa, terutama kepada siswa yang memiliki minat belajar minim. Subjek mampu memberikan perasaan senang dan ketertarikan dalam meningkatkan minat belajar pada siswa melalui implementasi media sosial Tik Tok. Siswa yang memiliki minat belajar kurang dalam pembelajaran, dapat dibantu melalui implementasi media sosial Tik Tok. Keberhasilan implementasi media sosial Tik Tok dalam pembelajaran PAK dilihat dari perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran.

References

Agustina, R. (2022). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 54 Palembang.

Andreas Kaplan, & Michael Haenlein. (2018). Konten Review Product Beauty Vlogger dan Minat Beli Mahasiswa (Studi Korelasional Pengaruh Konten Review Product Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Mahasiswi FISIP USU). 7–34. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/6211

Anggraini, R., & Ubidia, A. T. (2022). Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Mahasiswa. ISTISYFA?: Journal of Islamic Guidance and Conseling, 1(03), 128–139.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Aritonang, keke t. (2018). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 3(10), 11–21.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Friska Fitriani Sholekah. (2014). UPAYA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 10

BELUTU. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 59–71. https://core.ac.uk/download/pdf/287200733.pdf

Ii, B. A. B. (2021). Nanda Pratama Subagja BAB 2. 1998, 16–49.

Mardiana, L., Rony, E., & Roikhan, A. (2023). PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA

KARYAWAN PT REKAYASA INDUSTRI. Media Riset Bisnis Ekonomi Sains Dan Terapan, 1(1), 26–39.

Maria Dimova, C., & Stirk, P. M. R. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA SARKASME NETIZEN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. 3(1), 9–25.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., ??? ?, ?., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Analisis Deskriptif Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XIIAkuntansi-4 SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nurdiansyah, F., & Suhartini, T. (2021). Nilai Edukasi Pada Aplikasi TikTok Dikalangan Remaja di Kota Bandung. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(2018), 138–146. https://doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.14212

Nurkarima, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlakul Karimah dan Akhlakul Madzmumah Siswa Di SMAN 1 Kauman Tahun Ajaran 2017/2018. Institutional Repository, 11. http://repo.iain- tulungagung.ac.id/7912/5/Bab II.pdf

Nursalam, metode penelitian. (2013). Minat Mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY terhadap Olahraga Sepakbola. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pitrianengsy, D., & Rani, N. A. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Inklusif di SMPN 015 Kota Tanjungpinang. Social Issues Quarterly, 1(1), 75–85. http://ejournal.umrah.ac.id/index.php/siq/article/view/6%0Ahttp://ejournal.u mrah.ac.id/index.php/siq/article/download/6/7

Rachman, T. (2018). Pengertian Minat Dalam Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Rinaldus Tanduklangi. (2020). Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Matius 28:19-20,. PEADA-Jurnal Pendidikan Kristen, 1, No.1(1), 47–58. http://peada.iakn- toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/14

Sesady, S. F., RAF, N., & Muhammad, R. (2022). Media Sosial: Perilaku Sosial Asmara Dalam Perubahan Sosial Remaja. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 677. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.56728

Setiadi, A. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Sitinjak, C. (2006). Korelasi Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Tingkat Kerajunan Siswa Ke Gereja Di SMP Negeri 13 Medan”. Transportation, 1(January), 21–30. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111

Slameto. (2013). Minat Belajar Siswa Model Problem Based Learning.

Pengertian Minat Belajar, 7(2), 4–9.

Sudadi. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, B. (2019). Analisa Perkembangan Tiktok Sebagai Aplikasi Sadar Sosial yang digemari Oleh Generasi Muda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2, 45–53.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Purba, H. G. ., Butarbutar, I. ., & Silalahi, J. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GALANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 384–392. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19617

Most read articles by the same author(s)