IMPLEMENTASI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KRISTIANI PESERTA DIDIK

Authors

  • Renata Renata PTKKN Kementerian Agama RI
  • Satria Simatupang PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53525

Keywords:

Problem Based Learning, Pendidikan Agama Kristen, Karakter Kristiani, Pembelajaran Berbasis Masalah, Nilai Kristiani.

Abstract

Tujuan dari tinjauan pustaka ini adalah untuk mengkaji secara komprehensif efektivitas implementasi strategi Problem Based Learning (PBL) atau Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai upaya untuk mengembangkan dan menginternalisasi karakter Kristiani pada peserta didik. Penelitian ini menganalisis relevansi teoritis dan temuan empiris dari berbagai studi terkait PBL, Pendidikan Agama Kristen, dan pembentukan karakter. Hasil sintesis menunjukkan bahwa PBL merupakan strategi yang sangat tepat dan relevan untuk pembelajaran PAK karena karakteristiknya yang berpusat pada siswa (student-centered) dan menekankan pada penyelesaian masalah otentik. Melalui penempatan masalah nyata yang berlandaskan pada nilai-nilai Kristiani, PBL berhasil meningkatkan keaktifan siswa, kemampuan berpikir kritis (critical thinking), dan yang paling penting, memfasilitasi internalisasi nilai-nilai Kristiani dalam ranah afektif dan psikomotorik. Implementasi PBL dalam PAK tidak hanya berfokus pada penguasaan kognitif tetapi juga transformasi perilaku, memungkinkan peserta didik merespons masalah kehidupan sehari-hari sesuai dengan teladan Kristus. Peningkatan signifikan dalam pemahaman dan internalisasi karakter yang selaras dengan nilai-nilai Kristiani membuktikan bahwa PBL adalah model pembelajaran inovatif yang efektif untuk mencapai tujuan holistis Pendidikan Agama Kristen

References

Boiliu, F. M., & Sinaga, S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning di Sekolah. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 120-126.

Ekatni, A. T., Hamu, F. J., & Winei, A. A. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran PAK Di SMA Kota Palangka Raya. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 9(2), 115-128.

Harianja, P., Pasaribu, A. G., Manik, J., Situmorang, M., & Anakampun, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 167-182.

Hasugian, J. M., Naibaho, D., Sitanggang, R., Butar-Butar, G. M., & Silalahi, M. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 2(3), 193-211.

Lingga, Y., & Aprianto, D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Pakat dengan Model PBL Berbantuan LKPD Fase C Kelas VI SDN 101905 Pasar Melintang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 5(2), 1088-1107.

Mallappa, F., & Martha, K. (2023). Penerapan Strategi Problem Based Learning dengan Wawasan Kristen Alkitabiah untuk Memotivasi Keaktifan Siswa. SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi, 13(1), 135-154.

Manullang, J. A., Pasaribu, A. G., & Simangunsong, R. K. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 121-135.

Nababan, D., Sitepu, I. N., & Sinaga, J. R. B. (2023). Model Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Serta Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Kristen. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 752-765.

Nataria, M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Pak Dengan Model Pbl Siswa Fase B Kelas 4 SD Negeri Kestalan Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 5(2), 956-969.

Ngadikir, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PAK Melalui PBL Berbantuan Multimedia Materi Dialog Kelas XII IPA SMA Xaverius Lubuklinggau. SEMNASPA: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 4(2), 1018-1029.

Purba, R. I., Toruan, R. L., & Nababan, D. (2023). Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. INOVASI: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 102-113.

Rumahorbo, A. S., & Simanjuntak, F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Critical Thinking Generasi Digital. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 6694-6701.

Sembiring, E. E. B., & Prayitno, A. J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar PAK dan BP Melalui Pembelajaran Berbasis PBL Kelas 7 Fase D di SMP N 2 Tebing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 5(2), 63-74.

Siambaton, E. (2025). Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada SMP Negeri 4 Pagaran. Sukacita: Jurnal Pendidikan Iman Kristen, 2(2), 28-43.

Wahyudi, A. E., & Prayitno, A. J. (2025). Meningkatkan Pemahaman dan Nilai Kristiani Siswa melalui Model PBL di Kelas IV SD Katolik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 6(1), 674-688.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Renata, R., & Simatupang, S. (2025). IMPLEMENTASI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KRISTIANI PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8418–8423. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53525

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.