MENGAKOMODASI RAGAM GAYA BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI DIFERENSIASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53531Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Strategi Diferensiasi, Gaya Belajar, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Inklusif, Moral-SpiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi diferensiasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk mengakomodasi ragam gaya belajar siswa. Diferensiasi merupakan pendekatan pedagogis yang menyesuaikan konten, proses, produk, dan lingkungan belajar sesuai kebutuhan, kemampuan, dan minat masing-masing siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen, untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai penerapan strategi diferensiasi dan efektivitasnya dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen secara konsisten menerapkan diferensiasi dengan menyesuaikan metode pengajaran dan media pembelajaran bagi siswa visual, auditori, dan kinestetik. Penyesuaian konten, proses, dan produk belajar meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman materi Pendidikan Agama Kristen. Selain itu, strategi diferensiasi membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai Kristiani sehingga mampu mengaitkan ajaran Alkitab dengan pengalaman hidup sehari-hari. Penelitian juga menemukan tantangan dalam penerapan diferensiasi, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan kompleksitas manajemen kelas, yang dapat diatasi melalui pemanfaatan media digital, rotasi aktivitas, pembelajaran berbasis proyek, dan pengembangan profesional guru. Strategi diferensiasi terbukti efektif untuk menciptakan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang inklusif, adaptif, dan bermakna. Dengan mengakomodasi ragam gaya belajar, strategi ini meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa, sekaligus mendorong pengembangan berpikir kritis, kreativitas, serta nilai-nilai moral dan spiritual. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi guru dan sekolah untuk mengoptimalkan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen melalui penerapan diferensiasi.References
Armstrong, T. (2018). Multiple intelligences in the classroom (4th ed.). ASCD.
Daniels, H. (2001). Vygotsky and pedagogy. RoutledgeFalmer.
Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences (10th anniversary ed.). Basic Books.
Hall, T., Strangman, N., & Meyer, A. (2003). Differentiated instruction and implications for UDL implementation. National Center on Accessing the General Curriculum.
Harianja, P., Pasaribu, A. G., & Manik, J. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2022/2023. Yudistira.
Heacox, D. (2012). Differentiating instruction in the regular classroom: How to reach and teach all learners, grades 3–12. Free Spirit Publishing.
Heacox, D. (2013). Making differentiation a habit: How to ensure success in academically diverse classrooms. Free Spirit Publishing.
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.
Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson.
Sousa, D. A. (2017). How the brain learns (5th ed.). Corwin Press.
Subban, P. (2006). Differentiated instruction: A research basis. International Education Journal, 7(7), 935–947.
Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). ASCD.
Tomlinson, C. A., & Strickland, C. A. (2005). Differentiation in practice: A resource guide for differentiating curriculum, grades 5–9. ASCD.
Tomlinson, C. A., Brighton, C., Hertberg, H., Callahan, C. M., Moon, T. R., Brimijoin, K., … Reynolds, T. (2003). Differentiating instruction in response to student readiness, interest, and learning profile in academically diverse classrooms: A review of literature. Journal for the Education of the Gifted, 27(2/3), 119–145.
VanTassel-Baska, J., & Stambaugh, T. (2005). Challenges and possibilities for gifted learners: Using differentiated curriculum to maximize potential. Prufrock Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Renova Tampubolon, Yuliani Manalu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




