PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (STUDI KASUS: KELAS VIII SMP NEGERI 1 DATUK TANAH DATAR

Authors

  • Tio Vani Aprilia Putri Sibarani Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18673

Keywords:

Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterikatan antara Peran Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) terhadap hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Datuk Taah Datar dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi saat orang dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri) dan Variabel Y (Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa SMP Kelas VIII) SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar). Untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri, dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Bagi Siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,39 dengan uji determinasi sebesar 15% dan untuk mengetahui signifikasi tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?) — 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika  yang didapat dari perhitungan lebih besar (?) dari  pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk= n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari Hasil pengujian diperoleh ?  (1,89 ? 1,72) maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterikatan yang berarti Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Perserta Didik Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Datuk Tanah Datar.

References

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837

Aminullah, A. (2021). Interaksi Model Pembelajaran Inkuiri vs Ekspositori dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 28–34. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1664

Arianto. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah Arianto STIT Al Mubarok. Journal RI’AYAH, 4(1), 90–97. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1508

Asiah, A., Zainuddin, & Sabri, T. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Di SD. Core.Ac.Uk, 2(April), 1–11. https://core.ac.uk/download/pdf/289708148.pdf

Bombongan Rantesalu, M., & Pasaribu, S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Learning Bagi Peningkatan Prestasi Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 39. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.73

Chairunnisa. (2018). Pengaruh kesadaran diri dan anonimitas terhadap keterbukaan diri pengguna Media Sosial. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46119

Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(3), 1–12.

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan?; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.

Djamaluddin, A., & Wardana, D. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. 9.

Farhana, S., Aam Amaliyah, Agustini Safitri, & Rika Anggraeni. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507–511. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Faridah, F. (2021). Pentingnya Kemampuan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Matematika. Journal of Education and Teaching, 3(1), 95. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.15132

Fitroini, R. (1967). Penggunaan model pembelajaran inquiri terbimbing untuk meningkatkan sikap mandiri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Leuwipanjang Bandung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 16–74.

Gainau, M. B. (2009). Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa Dalam Perspektif Budaya Dan Implikasinya Bagi Konseling. Jurnal Ilmiah Widya Warta, 33(1), 95–112.

Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr% 0ASURVEI

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47

HS, T. (2009). Pengertian Model Inkuiri. Digilib .Unila.Ac.Id/5069/14/BAB%20II.Pdf, C, 6–31.

Imron, I. (2021). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Bisnis Mahasiswa, 215–224.

Jepara. (2020). Metode Mengajar Intelektual Siswa - UINU JEPARA. 13–28.

Lestari, N. D. A. (2018). Gambaran Pengetahuan Keluarga Dalam Merawat Anggota Keluarga Dengan Komplikasi Gangre. Skripsi, 5–29.

Made, W. (2004). Model Pembelajaran Peningkatan Dan Pengembangan Intelektual (Instructional Model For Promoting Intellectual Development). 1, 1–14.

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. EDISI?: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mayssara, A. A. H. S. A. (2014). Bab 2 Kajian Teori Perkembangan Kognitif. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–10.

Nilakusmawati, D. P. E., & Asih, N. M. (2012). Kajian Teoritis Beberapa Model Pembelajaran. Kajian Teoritis Beberapa Model Pembelajaran, 1222.

Nina W., PItoewas, B., & Nurmalia, & Y. (2014). Studi Tentang Pemahaman Guru terhadap Penilaian Autentik Jenis Portofolio pada Kurikulum 2013. Kultur Demokrasi, 2(8), 1–23.

Novi, Y. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Karakter. 2(2).

Nur Inah, E. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Nurhasanah, H. S., Hidayat, E., & Mulyani, E. (2019). Analisis Kemampuan Sintesis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Self Esteem. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 1(1), 56–67.

Patricia. (2018). Bab 1 pendahuluan. Pelayanan Kesehatan, 2016(2014), 1–6. http://library.oum.edu.my/repository/725/2/Chapter_1.pdf

Pepatuzdu, J. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali Suhaebah Nur *. 8(1), 62–81.

Ria, M. (2018). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Sebagai Pemoderasi. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, ????? ????(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Saraswati, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Http://Repository.Um-Palembang.Ac.Id/, 7–71.

Selo Gu, M. K., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Semester Ii Smp Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1–9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327

Shandra, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 692–699. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2006

Sunarto, I., & Rohita, R. (2021). Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar Di Tk Baiturrahman. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.575

Tulung, J. M. (2014). Evaluasi Program Diklat Kepemimpinan Tkt IV di Balai Diklat Keagamaan Manado. Acta Diurna, III(3), 1–16.

Waha Labuan, B., & Maria Mula, M. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Di SD Katolik Santo Paulus Tombuluan ( Bernadina Waha Labuan dan Meri Maria Mula ). 99–113.

Wahyudi, Verawati, N. N. S. P., & Ayub, & S. (2018a). Inquiry Creative Process “Suatu Kajian Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis.” 1–57.

Wahyudi, Verawati, N. N. S. P., & Ayub, S. (2018b). Inquiry Creative Process “Suatu Kajian Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis” (M. P. Muhammad asy’ari, M.Pd., Saiful Prayogi (ed.)).

Widyatama. (2001). Pengertian Pengaruh Pengertian pengaruh menurut kamus besar bahasa Indonesia atau benda ) yang ikut membentuk watak , kepercayaan dan perbuatan seseorang ”. Sedangkan pengertian menurut Badudu dan Zain ( 2001?: 1031 ) yaitu sebagai berikut?: “ Pengaruh ad. Artikel.

https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3253/Bab 2.pdf?sequence=4#:~:text=Pengertian Pengaruh-,Pengertian pengaruh menurut kamus besar bahasa Indonesia (2001%3A849),%2C kepercayaan dan perbuatan seseorang”.

Wulansari, D., & Purwanti, S. (2017). Tingkat Pemahaman Istilah Asing Dalam Pelajaran Boga Dasar Siswa Kelas X SMKN 2 Godean. Journal of Culinary Education and Technology, 2, 1–8. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/boga/article/viewFile/10201/9765

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Sibarani, T. V. A. P. ., Munthe , B. ., & Silalahi, J. . (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (STUDI KASUS: KELAS VIII SMP NEGERI 1 DATUK TANAH DATAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 103–110. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18673

Most read articles by the same author(s)