PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS IX DI SMP SWASTA FREE METHODIST-1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19037Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas IX di SMP Swasta Free Methodist-1 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,65 dengan uji determinasi sebesar 42,25% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata ( = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh > (4,53 > 1,70), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Agama Kristen kelas IX di SMP Swasta Free Methodist-1 Medan.References
Alkitab. Lembaga Alkitab Indonesia
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.
Bangun, M. (2022). Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Penanggulangan Masalah Sosial Siswa. Journal on Education, 6(1), 4988–4995.
Dewi, N. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Melalui Pemberian ‘Reward Super Student’ Di Sekolah Dasar Kristen ‘B’ Surabaya. Aletheia Christian Educators Journal, 2(2), 151–156. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.2.151-156
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3), 362–377. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169
Indrawan, I., Masitah, U., Adabiah, R., Jauhari, Faizah, T., Warlinah, Rohim, T., Nadzir, A., Latifah, H., Rusmiati, M., Putri, H., & Supriadi, E. (2020). Guru Profesional (I. Adnan (ed.); 1st ed.).
Lumbangaol, N. W. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kedisiplinan Siswa T.A 2020/2021 di masa Pandemi Covid-19. Panduan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kerja Keras Siswa Pengantar, 2, 1–7.
Manurung, J. P. (2022). “pengaruh metode cooperative learning teknik berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen kelas VIII di SMP Gajah Mada Medan.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Nahuway, Y. (2018). Usulan Bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen ( Pak ) Contextual Learning Strategy?: A Prophet For Learning Christian Religious Education.
Pasaribu, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengelola Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 1, 1–14.
Ranting, H. (2022). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manthano: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 74–84. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.10
Ranting, H., & Jowangkay, L. (2022). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manthano: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 74–84. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.10
Sadirman. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Dinamika Pendidikan, 1(2), 10–35.
Siregar, N. (2019). Pengaruh Kualitas Diri dan Kreativitas Diri Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Gereja. 1–39.
Siregar, N., Limbong, S., Pote, D., & Hutahaean, H. (2021). Eksegetis Sosial-Saintifik. 3(2), 1–14.
Siregar, N., Siregar, H., & Hutahaean, H. (2021). Application of the Picture and Picture Type of Cooperative Learning Model in Improving Student Learning Creativity. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 23–36. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i1.20300
Situmeang, A. (2016). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakte. 2(2), 1–23.
Situmorang, L. (2016). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP N 1 Percut Sei Tuan. T.A 2021/2022. 1–23.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (21st ed.). Alfabeta.
Turangan, D. J. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Berpengaruh Pada Motivasi Belajar Siswa Di Sd Gmim Ii Madidir Ure Kota Bitung. Apolonius: Jurnal Teologi Dan Pendidikan …, 2, 1–20.
Wahyuni, D. (2018). Analisis Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kometensi Pedagogik Guru terhadap Sikap Belajar Siswa. Nucleic Acids Research, 34(11), 258–267.
Wahyuningsih, R. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 5 Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen (JPEKBM), 1(1), 19–27.
Wati, H. M. P. S., Triposa, R., & Purba, R. (2020). Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa New Normal. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 3(1), 25–34.
Yulianto, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Ahmad Dahlan Sukadamai Tahun Pelajaran 2019/2020. 1–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Destriani Chrisnawati Br Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.