HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP SWASTA NASRANI BELAWAN

Authors

  • Marnisa Tiurma Tampubolon Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Imelda Butarbutar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19379

Keywords:

Kompetensi kepribadian Guru, Pembentukan karakter siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana keterkaitan antara Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Kelas VII SMP Swasta Nasrani Belawan II dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi Product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen) dan variabel Y (Pembentukan Karakter Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Maka yang digunakan Uji Statistika korelasi produvt moment person dari hasil Pengujian diperolah pengujian Korelasi (r) 0,312 dengan uji determinasi sebesar 90% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (?) = 0,05 maka diadakan Uji t dengan kreteria pengujian jika t_hitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk= n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperolah t_hitung > t_tabel (2.251 > 1.683), maka hipotesis diterima dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara hubungan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Kristen terhadap pembentuk karakter siswa di kelas VII SMP Swasta Nasrani Belawan II.

References

Adi Saingo, Y. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Lili. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.52960/a.v3i1.176

Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Anggraeni, L. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Sman 14 Bandung?: Survey Pada Siswa Kelas Xi Ips Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.upi.edu | Perpustakaan.upi.ed.

Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap karakter Siswa kelas VIII SMP HKBP SIDORAME Medan Tahun Ajaran 2018/2019. B. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar siswa kelas x administrasi perkantoran ( An analysis of the influence of personal competence of teachers with motivation to learn. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109–118.

Daviq Chairilsyah. (2016). Metode Dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini. Educhild, 5(1), 9.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 51–57. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4271

Eni. (1967). pendidikan karakter peserta didik terhadap pengintrigasian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Erlinayanti, A. (2012). Pengaruh latar belakang Erlinayanti, Andinta, ‘Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar Dan Etos Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru PKN Di SMA Negeri Kabupaten Magelang’, 2012, 1–95 <https://eprints.uny.ac.id/8535/>pendidikan, . 1–95. https://eprints.uny.ac.id/8535/

Fadliah. (2010). Implementasi-Kompetensi-Kepribadian-Guru-Dalam-Pengembangan-Pendidikan-Karakter-Pada-Peserta-Didik.pdf.

Harianto. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. 35.

Heriyanto, H., & Pardede, M. (2021). Hubungan Keteladanan Guru Pak Dengan Pembentukan Karakter Siswa Smp Swasta Bersubsidi Hkbp Jl.Kampar Belawan. Pendidikan Religius, 3, 85. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/896

Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Irianti. (2022). 8976-27378-1-Sm. 11, 1–7.

Kirana, D. D. (2011). Pentingnya Penguasaan Empat Kompetensi Guru Dalam Menunjang Ketercapaian Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar Damax. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699.

Manik, C. (2022). Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Swasta Trisakti Era 4 . 0 Di Lubuk Pakam. 5, 89–99.

Manullang, A., & Maria, R. (n.d.). Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Medan. 20–34.

Marthen Sahertian. (2019). Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 108.

Mendagri. (2008). In Pengaruh kepribadian Guru PAK terhadap moral peserta didik kelas VIII SMP negeri 2 Harian Boho Kab samosir T.A 2015/2016 (Vol. 49, pp. 69–73).

Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 03(01), 1–8.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Nahampun, D. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pelaksanaan pembelajaran anak autis di SLB C karya bhakti-The competence of teacher’s personality in the teaching. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(5), 538–546. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/view/7783

Nalar, L. (2005). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kedisiplinan Siswa T.A 2020/2021 di masa Pandemi Covid-19. Panduan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kerja Keras Siswa Pengantar, 2, 1–7.

Novitasari, D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional. 1–222.

Putnarubun, A., Rengrengulu, W. C., & Suruan, Y. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. EIRENE Jurnal Ilmiah Teologi, 7(2), 519–542. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57

Richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ). (2021). Diduga Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Dumai. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Rita. (2011). pendidikan karakter di sekolah dasar. April, 12–48. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Rugian, M. S., Tewal, B., & Rita N. Taroreh. (2019). The Effect Of Human Resources Competence And Innovation On The Competitive Adventage Of Modern Coffee Houses In Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5943–5952. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/26575

Sahroni, D. (2019). Pentingnya pendidikan karakter dalam formal. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, 3(1), 1–31. https://jateng.kemenag.go.id/warta/artikel/detail/pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-keluarga

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Simaremare, T. P. (2022). Penguatan Karakter Religius Melalui Program Kebaktian Di Sekolah Menengah Pertama Kristen Badan Pendidikan Kristen (Smpk Bpk) Penabur Cimahi. Satya Widya, 38(1), 1–11. https://doi.org/10.24246/j.sw.2022.v38.i1.p1-11

Sinaga, H. (2022). Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Minat Belajar Siswa kelas IX SMP SWASTA HKBP Sidorame Medan T.A 2022/2023. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad. (2020). Sampel penelitian. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Susanna. (2014). Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi. Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 376–377.

Tafsir, P. D. H. A. (2012). Pengembangan kompetensi kepribadian guru menjadi pendidik yang dicintai dan diteladani siswa.

Tambunan, J. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 12–19. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.102

Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0. Institutio:Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 45–62. https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 109–126. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24

Uket. (2021). Meretas?: Jurnal Ilmu Pendidikan Desember 2021 , Volume 08 Nomor 02 Meretas?: Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 08(32), 121–133.

Via, I., & Ariani, T. P. (2021). Pentingnya Tata Tertib Dalam Membentuk Disiplin Belajar Siswa Smp. Jurnal KAIROS, 1(1), 79–94.

Wahyuni, S. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Diniyah Di SMP Negeri 6 Unggul Banda Aceh. 1–106.

Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar. 40. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/rk8fn

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Yulianto, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Ahmad Dahlan Sukadamai Tahun Pelajaran 2019/2020. 1–66.

Downloads

Published

2023-10-08

How to Cite

Tampubolon, M. T., Butarbutar, I. ., & Munthe, B. (2023). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VII SMP SWASTA NASRANI BELAWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 26–34. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19379

Most read articles by the same author(s)