PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS VIII di SMP NEGERI 4 RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19036Keywords:
Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterkaitan antara Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PAK Kelas VIII SMP Negeri 4 Raya dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Lingkungan Sekolah) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,26 dengan uji determinasi sebesar 6,76% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata ( = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1- 0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh > (1,71 > 1,68), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterkaitan antara Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PAK Kelas VIII SMP Negeri 4 Raya dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Lingkungan Sekolah) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa). Untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,26 dengan uji determinasi sebesar 6,76% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata ( = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari pada taraf signifikan 1- 0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh > (1,71 > 1,68), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Raya.References
Alkitab. Lembaga Alkitab Indonesia
Achruh, A. (2022). Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.
Agus. (2012). Pengaruh Aspek Astronomi terhadap Terjadinya Perubahan Cuaca dan Iklim Berdasarkan Pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Pekanbaru. 66, 37–39.
Alisman. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tematik Selalu Berhemat Energi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Siswa Kelas IV MI Siompu Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara. 1–14.
Anggoro, M. D. (2019). Tingkat kedisiplinan peserta didik kelas V terhadap peraturan tata tertib sekolah di SD N Karangjati nganglik sleman tahun 2018. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Arif, I. (2018). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar murid SD Inpres Bisara Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Arikunto. (2020). Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 42–52.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 351–370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Damsi. (2018). Pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar (Issue 3). http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fatimah, E. S. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Garawangi Kecamatan …. http://repository.syekhnurjati.ac.id/1067/%0Ahttp://repository.syekhnurjati.ac.id/1067/1/EMMA Siti Fatimah_07410010__ok.pdf
Fitriani, A., Huliatunisa, Y., & Azhar, S. (2022). Pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD N Doyong 04 Tangerang. Thesis Common, 5.
Furchan, A. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Hakiki, A. (2012). Keterkaitan Metode Pembelajaran Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktik Pengenalan Alat Ukur Siswa Jurusan Listrik Di Smk Negeri 1 Magelang.
Hamalik, O. (2016). Bab 2 - Landasan Teoritis Budaya Organisasi. July, 1–23.
Harjali. (2016). Belajar yang Kondusif Studi Fenomenologi pada Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo.
Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah.
Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Maryadi, N. dan. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Mulyasa. (2020). Studi Dampak Perubahan Status Sekolah Menjadi Sekolah Negeri Pada Sikap Siswa Program Studi Teknik Survey Pemetaan SMK PU Negero Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia, 248–253.
Mulyono, D. (2013). Teori Tentang Metode Demonstrasi. 12–43. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21413113116.pdf
Oktaviana, I. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Universitas Negeri Semarang, 3.
Oktaviandi Pardede;, Siregar, I., Pasaribu, R., & Simon, L. (2022). Perbedaan metode pembelajaran tatap muka dan metode pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa. Asas: Jurnal Sastra, 11(1), 74–89. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/31856
Pratiwi Adinda, S. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas Xi Tav Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1), 9–15.
Prijodarminto, S. (2019). Pengaruh Disiplin Terhadap Sikap Belajar. 9–25.
Rohim, A. (2008). Dasar-Dasar kurikulum.
Salinding Viona, S. M. (2020). Model Relasi Guru Dan Murid Untuk Menolong Murid Mengembangkan Persepsi Yang Positif Terhadap Dirinya Dan Terhadap Guru. Aletheia Christian Educators Journal, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.9744/aletheia.1.1.75-84
Saraswati, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Http://Repository.Um-Palembang.Ac.Id/, 7–71.
Siswandari, Y. (2016). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 2 Pekalongan. 1–23.
Sugiyono. (2007). BAB 3. Skripsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa. Jurnal Maznajemen, 5(1), 71–80.
Sukmadinata. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464
Sunardi, A. (2018). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas x akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar.
Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Tanduklangi, R. (2020). Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Matius 28:19-20,. PEADA-Jurnal Pendidikan Kristen, 1, No.1(1), 47–58. http://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/14
Wulandari, Y. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Aliyah se-Kecamatan Kalianda Lampung Selatan.
Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–8.
Yusdiani, N., Sulaiman, U., & Seknun, Y. (2018). Penanaman Budaya Disiplin Terhadap Peserta Didik Kelas Vi Mis Guppi Laikang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Inspiratif Pendidikan, 7(2), 233. https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7856
Zohriah, A. (2015). Analisis Standar Sarana dan Prasarana. Tarbawi, 1(2), 53–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rini Tiara Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.