HUBUNGAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS XII SMA SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19620Keywords:
Motivasi Ekstrinsik. Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas XII SMA Swasta HKBP Sidorame Medan. Hipotesis yang akan diuji adalah terdapat hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner, dengan target sampel seluruh siswa kelas XII SMA Swasta HKBP Sidorame Medan. Untuk mengukur motivasi menggunakan tes skala sikap yang didasarkan pada validasi isi. Dengan keterandalan dihitung dengan rumus alpha cronbach. hasil belajar menggunakan soal ulangan yang diberikan sesuai dengan kurikulum yang berjalan. Dengan keterandalan dihitung menggunakan uji normalitas motivasi ekstrinsik pada signifikan pada taraf signifikan 0,05 variabel X. L.hitung =0,0943 dan L tabel = 0,161 dan Y Lhitung = 0,1544). Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut:”Terdapat hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik siswa dengan hasil belajar PAK siswa. Koefisien korelasi (r )=0,779 signifikan pada 0,05, Hasil uji determinasi menunjukkan sebesar 60%. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk para pendidik khususnya guru.References
Alkitab (2006).Jakarta : Lembaga Alkitab Indonesia
Amalia, N. (2013). Pengujian Hipotesis. , 66, 37–39.
Ananda Jaka Kelana. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Memperbaiki Sistem Suspensi Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 8 Padang.
Edwardo, Y., & Hermawansa. (2023). Penerapan Media Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pendahuluan Metode Penelitian. 4(1), 19–23.
Eni. (2012). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
Hardiningrum, R. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. .
Hartawan, A., Ulul Mafra, N., & Heryati. (2021). Pengaruh Budaya Kerja Dan Kemampuan Terhadap Komitmen Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang. Jurnal Manivestasi, Vol. 3 No.2, 149–150.
Rinaldi Yuswara. (2016). “Peggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Ips ” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Kelas Iv Sd . , 2(1), 1–8.
Roihah, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menerapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas Iv Sd Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(5), 214838.
A.M, Sardiman. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Pt. Raja Grafindo
Siregar, Nurliani.(2014).Profesi Kependidikan.Pt.Bumi Aksara
Siburian Roida. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Viii Upt Smp Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Pendidikan Kewarganegaraan, 6(November), 128.
Sitinjak, S. (2006). Korelasi Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Tingkat Kerajunan Siswa Ke Gereja Di Smp Negeri 13 Medan. Transportation.
Uno, B. Hamzah. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Pt. Bumi Aksara Jakarta. Https://Books.Google.Co.Id/About/Teori_Motovasi_Dan_Pengukuranya.Html?Id
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Motivasi Mahasiswa/I Dalam Keikutsertaan Kepengurusan Campus Ministry. Angewandte Chemie International Edition, 6(11)
Wulandari, S., Salah, M., Syarat, S., Memperoleh, G., Studi, P., Agama, P., Pendidikan, K., Islam, A., Islam, U., & Sunan, N. (2019). Optimalisasi Motivasi Ekstrinsik Pada Program Tahfidz Di Madrasah Aliyah Al-Jauhar Gunungkidul.
Yudo Stepanus. (2020). Motivasi Intrinsik, Ekstrinsik Dan Hasil Belajar. Angewandte Chemie International Edition.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Junita Pardosi, Bangun Bangun, Jojor Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.