PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP MORAL REMAJA DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED

Authors

  • Amelia Amelia Universitas Negeri Medan
  • Dilli Salsa Fira Universitas Negeri Medan
  • Febriana K Barus Universitas Negeri Medan
  • Rini Khairani Harahap Universitas Negeri Medan
  • Hapni Laila Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46036

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Sikap Moral, Remaja, Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari riset ini yakni mengidentifikasi Dampak Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) terhadap perilaku moral generasi muda. Latar belakang penelitian ini menyoroti signifikansi Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan moralitas generasi muda, terutama di institusi perguruan tinggi. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan populasi yang terdiri dari siswa aktif di Fakultas Ekonomi yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Karena nilai thitung (4,254) > dari nilai ttabel (1,70113), dan nilai signifikansi (p-value) untuk Pendidikan Agama Islam adalah 0,000 (yang < 0,05), maka Hipotesis Nol (H0) ditolak. Ini berarti secara statistik dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Sikap Moral Remaja. Dengan kata lain, semakin baik Pengaruh Pendidikan Agama Islam yang dimiliki atau diterapkan, semakin tinggi pula Sikap Moral Remaja di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

References

Abidin, A. M. (2021). Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282

Aeniyatul. (2019). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Hutomo Dwiki Adiguna, S. G. P. (2015). Penggunaan Intelligence Algorithm Untuk Penilaian Keamanan Kerja Operator Berdasarkan Indikator Hsee (Health, Safety, Environment, Ergonomics) Studi Kasus : Pt Dempo Laser Metalindo Indonesia. 1–5.

Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita, 12(1), 62–77. https://doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256

Julaina, V. (2016). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja SMA Dharmawangsa Medan. Universitas Medan Area, 25–28.

Pendidikan, J., Islam, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2006). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap. 3(2), 60–65.

Pranajati, F. (1967). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Pada Pekerja Di Gedangsewu Kabupaten Kediri. Tesis, Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri 14-49, 14–49. https://etheses.iainkediri.ac.id/3678/

Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., & Dan, T. (2024). PEMBANGUNAN YAYASAN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk ( S . Pd .).

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Amelia, A., Fira, D. S., Barus, F. K., Harahap, R. K., & Siregar, H. L. (2025). PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP MORAL REMAJA DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5190–5197. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46036

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.