PENGARUH PROGRAM MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46702Keywords:
Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Pembentukan Karakter.Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang disiplin, beretika, dan bertanggung jawab. Salah satu upaya awal dalam membentuk karakter peserta didik adalah melalui Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yang dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah sekaligus menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, integritas, dan rasa hormat terhadap perbedaan. Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan langkah awal yang strategis dalam membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta menanamkan nilai-nilai karakter positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Tapak Sunan Jakarta. Pengaruh ini diukur dengan menggunakan metode statistik korelasi, yang menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,496, menunjukkan tingkat pengaruh yang sedang atau cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program MPLS memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik, yang dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran yang lebih kondusif dan memotivasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa Program MPLS berpengaruh sebesar 49,59% terhadap pembentukan karakter peserta didik. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan MPLS antara lain kondisi lingkungan siswa, peran guru, fasilitas sekolah, dan perilaku siswa-siswi yang terlibat selama kegiatan berlangsung. Oleh karena itu, diharapkan bahwa program MPLS dapat terus berkontribusi dalam menciptakan pembentukan karakter peserta didik yang lebih baik, serta menjadi langkah penting dalam mendukung karakter positif siswa di MTs Tapak Sunan Jakarta.References
Arifin, F. N. (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885
Arifin, Z. (2019). Pengaruh Latihan Game Dan Sprint 50 Meter Terhadap Peningkatan Vo2max Atlet Sepakbola Ssb Kakimas Dampit Kabupaten Malang Kelompok Umur 14-15. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 103–114. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.561
Arum, W. S. A., Lestari, O. P., & Cahyani, R. D. (n.d.). Peran Penyelenggaraan Kegiatan MPLS Terhadap Pengembangan Karakter Peserta Didik.
Aufa, A. A., Laela, U. N., & Qomariyah, S. N. L. (2021). Konsep, Strategi Dan Metode Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 03. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Fitriyani, S. R., Roihana, S., Latipah, N., Naufal, A., & Ghani, A. (n.d.). Optimalisasi Kinerja OSIS dalam Penyelenggaraan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Sirojul Huda Desa Rancapanggung (Vol. 4, Issue 4). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Kholid, K., & Mugiyono, M. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(2), 353–362. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.148
Kunaenih, & Nadiah. (2020). Hubungan MPLS Dalam Mengurangi Kasus Bullying Di Sekolah Wilayah Jakarta Timur Provinsi Dki Jakarta. XIX(1).
Magdalena, I., Hadi, R. U., Delilah, S., & Dewi, E. P. (2020). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Di Sd Negeri Cikokol 4. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Mustafa, P. S. (2023). Tinjauan Literatur Analisis Uji R Berganda dan Uji Lanjut dalam Statistik Inferensial pada Penelitian Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5, 571–593. https://doi.org/10.5281/zenodo.7758162
Musyarofah, M., Suhaimi, F., & Kunaenih, K. (2024). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Studi Survei Di Smk Bina Pangudi Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3.
Nizar Rangkuti, A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.
Pangestu, S. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri Taruna Santri Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.
Pangestu, S. P., Sulaeman, M., & Irsyadiah, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Survey Di Smk Negeri 26 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3.
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara.
Sauzin, J., & Tuban, I. A. H. (2023). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter Siswa Siswi Di MA Bahrul Ulum. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 62361. https://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/tadbir
Solikhin, T. F., & Palius, P. (2022). Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah Menegah Atas (SMA) Gembala Baik Kota Pontianak. http://creativecommons.org/license/by/4.0/
Sugiyatmi, T. A., Annova, F., Nurhayati, S., Alis Setiyadi, N., Ilmu Kesehatan, F., Borneo Tarakan, U., Pendidikan Bahasa Arab, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Imam Bonjol Padang, U., Kesehatan Masyarakat, P., Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U., Kesehatan Masyarakat, J., Jenderal Soedirman Purwokerto, U., & Muhammadiyah Surakarta, U. (2023). Pendidikan Kesehatan Komprehensif dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk Mencetak Generasi Mandiri dan Berkarakter. In CARMIN Journal of Community Service (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.59329/carmin.v3i1.57
Susilo, A., Asmara, Y., Hervanis, R. N., & Selpia, S. (2023). Strategi Guru Di Dalam Meningkatkan Pembentukan Karakter Siswa. Danadyaksa Historica, 3(1), 13. https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.5930
Ulfah, Y. F. (2022). Strategi Implementasi Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Virtual Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.14032
Widiyono, Y. (n.d.). Nilai Pendidikan Karakter Tembang Campursari Karya Manthous.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deby Luthfiah Ramadhani, Kunaenih Kunaenih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.