PENGARUH PROGRAM MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Deby Luthfiah Ramadhani Universitas Islam Jakarta
  • Kunaenih Kunaenih Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46702

Keywords:

Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Pembentukan Karakter.

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang disiplin, beretika, dan bertanggung jawab. Salah satu upaya awal dalam membentuk karakter peserta didik adalah melalui Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yang dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah sekaligus menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, integritas, dan rasa hormat terhadap perbedaan. Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan langkah awal yang strategis dalam membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta menanamkan nilai-nilai karakter positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Tapak Sunan Jakarta. Pengaruh ini diukur dengan menggunakan metode statistik korelasi, yang menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,496, menunjukkan tingkat pengaruh yang sedang atau cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program MPLS memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik, yang dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran yang lebih kondusif dan memotivasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa Program MPLS berpengaruh sebesar 49,59% terhadap pembentukan karakter peserta didik. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan MPLS antara lain kondisi lingkungan siswa, peran guru, fasilitas sekolah, dan perilaku siswa-siswi yang terlibat selama kegiatan berlangsung. Oleh karena itu, diharapkan bahwa program MPLS dapat terus berkontribusi dalam menciptakan pembentukan karakter peserta didik yang lebih baik, serta menjadi langkah penting dalam mendukung karakter positif siswa di MTs Tapak Sunan Jakarta.

References

Arifin, F. N. (2022). Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.24090/sjp.v1i2.5885

Arifin, Z. (2019). Pengaruh Latihan Game Dan Sprint 50 Meter Terhadap Peningkatan Vo2max Atlet Sepakbola Ssb Kakimas Dampit Kabupaten Malang Kelompok Umur 14-15. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 103–114. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.561

Arum, W. S. A., Lestari, O. P., & Cahyani, R. D. (n.d.). Peran Penyelenggaraan Kegiatan MPLS Terhadap Pengembangan Karakter Peserta Didik.

Aufa, A. A., Laela, U. N., & Qomariyah, S. N. L. (2021). Konsep, Strategi Dan Metode Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 03. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Fitriyani, S. R., Roihana, S., Latipah, N., Naufal, A., & Ghani, A. (n.d.). Optimalisasi Kinerja OSIS dalam Penyelenggaraan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Sirojul Huda Desa Rancapanggung (Vol. 4, Issue 4). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Kholid, K., & Mugiyono, M. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(2), 353–362. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.148

Kunaenih, & Nadiah. (2020). Hubungan MPLS Dalam Mengurangi Kasus Bullying Di Sekolah Wilayah Jakarta Timur Provinsi Dki Jakarta. XIX(1).

Magdalena, I., Hadi, R. U., Delilah, S., & Dewi, E. P. (2020). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Di Sd Negeri Cikokol 4. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Mustafa, P. S. (2023). Tinjauan Literatur Analisis Uji R Berganda dan Uji Lanjut dalam Statistik Inferensial pada Penelitian Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5, 571–593. https://doi.org/10.5281/zenodo.7758162

Musyarofah, M., Suhaimi, F., & Kunaenih, K. (2024). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Studi Survei Di Smk Bina Pangudi Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3.

Nizar Rangkuti, A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.

Pangestu, S. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri Taruna Santri Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.

Pangestu, S. P., Sulaeman, M., & Irsyadiah, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Survey Di Smk Negeri 26 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara.

Sauzin, J., & Tuban, I. A. H. (2023). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter Siswa Siswi Di MA Bahrul Ulum. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 62361. https://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/tadbir

Solikhin, T. F., & Palius, P. (2022). Manajemen Pengendalian Mutu di Sekolah Menegah Atas (SMA) Gembala Baik Kota Pontianak. http://creativecommons.org/license/by/4.0/

Sugiyatmi, T. A., Annova, F., Nurhayati, S., Alis Setiyadi, N., Ilmu Kesehatan, F., Borneo Tarakan, U., Pendidikan Bahasa Arab, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Imam Bonjol Padang, U., Kesehatan Masyarakat, P., Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U., Kesehatan Masyarakat, J., Jenderal Soedirman Purwokerto, U., & Muhammadiyah Surakarta, U. (2023). Pendidikan Kesehatan Komprehensif dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk Mencetak Generasi Mandiri dan Berkarakter. In CARMIN Journal of Community Service (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.59329/carmin.v3i1.57

Susilo, A., Asmara, Y., Hervanis, R. N., & Selpia, S. (2023). Strategi Guru Di Dalam Meningkatkan Pembentukan Karakter Siswa. Danadyaksa Historica, 3(1), 13. https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.5930

Ulfah, Y. F. (2022). Strategi Implementasi Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Virtual Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.15575/isema.v7i1.14032

Widiyono, Y. (n.d.). Nilai Pendidikan Karakter Tembang Campursari Karya Manthous.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Ramadhani, D. L., & Kunaenih, K. (2025). PENGARUH PROGRAM MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5548–5557. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46702

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.