PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENGATASI DISTRUPTIVE BEHAVIORS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN

Authors

  • Riyanti Nainggolan Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Munthe Universitas HKBP Nommensen
  • Jojor Silalahi Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18672

Keywords:

Distruptive Behaviours, Hasil Belajar, Peran Guru, Pendidikan Agam Kristen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterikatan antara Peran Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam mengatasi perilaku disruptif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan dengan penelitian hipotesis adalah korelasi ketika orang dengan alat pengumpul data adalah angket untuk variabel X (Peran Guru Pendidikan Agama Kristen) dan Variabel Y (Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mengatasi Perilaku Mengganggu Siswa Kelas VIII SMP ) SMP Swasta HKBP Sidorame Medan). Untuk mengetahui sejauh mana peran Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mengatasi Perilaku Mengganggu Siswa Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh uji korelasi (r) sebesar 0,995 dengan uji determinasi sebesar 20,25% dan untuk mengetahui signifikansi koefisien korelasi pada taraf nyata (?) – 0,05 dilakukan uji “t” dengan uji kriteria jika t_hitung yang diperoleh dari perhitungan lebih besar (?) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk = n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung ? t_tabel (2,67 ? 1,70) maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterikatan yang signifikan antara peran guru pendidikan agama kristen dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengatasi perilaku disruptif siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan.

References

Aedah, N. (2017). Peran Dan Fungsi Kepemimpinan Informal Dalam Pemerintahan Kampung Di Kampung Waena Kota Jayapura. Jurnal Ekologi Birokrasi, 5(3), 1-10.

Angelia, D. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen (Pak) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Bagi Siswa Smp Kelas VIII Smp Negeri 1 Kotapinang.

Aryadiningrat, I. N. L. H. (2018). Peran Guru Ppkn Dalam Membangun Sikap Nasionalisme Generasi Millennial (Studi Deskriptif Di Sman 12 Bandung) (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Bangun. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kasus : (Studi Kasus : SMP Negeri 3 Pematang Siantar). http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/526

Bengu, R. T. (2022). Tinjauan Teologis Makna Ibadah Menurut Roma 12: 1-2 Dan Implikasinya Bagi Komitmen Melayani Guru-Guru Sekolah Minggu Pada Masa Pandemi Covid-19. Non Multa Sed Multum:(Bukan Jumlah Tetapi Mutu), 223.

Boehlke, R. R. (2018). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Cahyudi, W. P. (2021). Peranan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Dalam Program Pembatasan Sosial Berskala Besar (Psbb) Di Masa Pandemi Covid 19. Karya Tulis.

Christian, S., & Hidayat, D. (2020). Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Mengganggu (Disruptive Behavior) Siswa Pada Proses Pembelajaran Di Kelas [The Role Of Teachers In Handling Disruptive Behavior Students In The Classroom Learning Process]. Diligentia: Journal Of Theology And Christian Education, 2(3), 45-60.

Dimyati dan Mudjiono. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunggio, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Dungingi Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 7(1), 1-9.

Ekasari, E. R. R., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Otkp di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(1), 236-245.

Firmansyah, Y. (2017). Peran Motivasi Pegawai Badan Pusat Statistik Pada Kecamatan Penjaringan Kota Administrasi Jakarta Utara. Spektrum: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 14(2). Gunung Mulia.

Haryanto, H., Salam, A., & Gani, R. A. (2022). Tingkat Pemahaman Guru Pjok Terhdap Pembelajaran Blended Learning Pada Tingkat SMA/SMK Se-Kecamatan Setu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 196-201.

Homrighausen, E.G. Dan I.H. Enklaar. (2019). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Halaman Moeka.

Intarti, E. R. (2016). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1 (2), 28–40.

Komalasari, D. (2014). Kajian Pemanfaatan Limbah Abu Kayu Lapis Menjadi Pengganti Sebagian Material Beton (Doctoral Dissertation, UNS (Sebelas Maret University) Kristen. Jakarta: Bpk Gunung Mulia, 1994

Kristianto, P. L. (2008). Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi

Linda, C. N. (2017). Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Pai Siswa (Studi Kasus di SMPN 2 Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2016-2017) (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Nainggolan, J. (2010). Guru Agama Kristen sebagai Panggilan dan Profesi Sebagai Upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas Guru Agama Kristen. Bandung: Bina Media Informasi.

Nangimah, N. U. (2018). Peran Guru Dalam Penerapan Budaya Religius Di Smp Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk (Doctoral Dissertation, Iain Kediri).

Napitupulu, T. M. (2018). Peranan Guru Pak Sebagai Komunikator Dalam Meningkatkan Komunikasi Yang Efektif Kepada Siswa Kelas Xi Smk Negeri I Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Christian Humaniora, 2(2), 127-141.

Permana, N. S. (2020). Yesus Sebagai Guru Ditinjau Dari Pendekatan Mengajar dan Relevansinya Bagi Guru Agama Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(2), 83-97.

Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Putri, N. E. M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Seni Tari Persembahan Kelas Viii A Smpn 1 Rengat Barat Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau Ta 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau). Rineka Cipta.

Sabri, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching.

Simanjuntak, E. (2021). Penggunaan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas Ix Smpn Kecamatan Gunung Meriah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 164-172.

Simanjuntak, J. (2021). Ilmu belajar dan didaktika pendidikan Kristen. PBMR ANDI.

Simanjuntak, R. (2016). Dampak Keteladanan Yesus sebagai Guru Agung bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 29-40.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tawil, M. (2008). Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(70), 79-100.

Undang-Undang Ri No 14 Tahun 2005. (2005). Pengertian Guru Dan Dosen. Jakarta: Kemdikbud

Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49).

Widyasari, Y. (2021). Komunikasi Interpersonal Yesus dan Implementasinya Bagi Pelayanan Gereja. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 1(2), 167-174.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Nainggolan, R., Munthe, B. ., & Silalahi, J. . (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENGATASI DISTRUPTIVE BEHAVIORS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 96–102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18672

Most read articles by the same author(s)