PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.457Keywords:
Motivasi, Matematika, Media Kartu BilanganAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa. Guru hanya memberikan penjelasan di papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu bilangan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pra tindakan presentase yang diperoleh 55,49% dengan kriteria tinggi, meningkat menjadi 66,97% dengan kriteria tinggi pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,37% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan romawi di kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang.References
Afrian, S. Daulay, M.I & Asihlestari, P. (2018). â€Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludoâ€. Journal on Early Childhood, Vol1, (1). 52-59.
Anika, E. Hidayat, A & Ediputra, K. (2018). â€Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamentâ€. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2, (2), 101-110.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Isnaeni, Nur Faizah. 2013. Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. [Online]. Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/17341/1/1401409066.pdf. [Diakses 20 maret 2018].
Mufarizuddin. (2017). “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stadâ€. Jurnal Pelangi, Vol 9, (2). 113-122.
Mulyasni. 2016. Permaina Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 010 Ujung Batu Tahun Ajaran 2014/2016. Universitas Riau. Skripsi tidak di Publikasikan.
Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rizal, M. S. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 020 Kuokâ€. Jurnal Basicedu, Vol 2, (1). 111-119.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2015. Metode Mengajar dan Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.