PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.664Keywords:
Problem Solving, Minat, Hasil.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan oleh peneliti, yaitu kurangnya minat belajar siswa dalam belajar matematika serta rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong kategori kurang. Tujuan penelitian ini : (1) Membuktikan bahwa rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Membuktikan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Hiliduho dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA semester II Tahun Pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (X-MIPA1 32 orang) dan kelas kontrol (X-MIPA2 33 orang). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar berbentuk esei tes. Sebelum digunakan sebagai instrumen penelitian tes awal dan tes akhir divalidasikan secara logis dan diujicobakan untuk keperluan uji kelayakan tes. Hasil penelitian diperoleh: (1) Rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2018/2019References
Astriyani, Arlin. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2).
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang system pendidikan nasional.
Hudoyo, Herman. 1998. Mengajar Belajar Matematika. JICA: Depdikbud
Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Husna, Husna & Burais, Fona. 2019. Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Level Siswa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 6(2). 11.82.10.35445/alishlah.v11i1.97.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Berkurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Uno, B Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi. Aksara.
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139