HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 12 PULAU PUNJUNG

Authors

  • Irwan Ritonga Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nevi Yarni Dosen/Staf pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.484

Keywords:

Kesegaran Jasmani, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, sebagian siswa kurang menyenangi kegiatan olahraga, siswa tidak bersemangat melakukan aktivitas olahraga, siswa kurang percaya diri dalam melakukan aktivitas olahraga, kesehatan fisik siwa yang kurang mendukung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) hubungan kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Pulau Punjung, 2) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Pulau Punjung, 3) Hubungan secara bersama-sama kesegaran jasmani dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling didapatkan sampel 25 orang Siswa Putra. Teknik analisa data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kesegaran jasmani berhubungan dengan hasil belajar siswa Putra SDN 12 Pulau Punjung rhitung>rtabel 0,654>0,396, motivasi belajar siswa berhubungan dengan hasil belajar siswa putra rhitung>rtabel 0,453>0,396. Kesegaran jasmani berhubungan dengan hasil belajar siswa Putra SDN 12 Pulau Punjung rhitung>rtabel 0,488>0,413, motivasi belajar berhubungan dengan hasil belajar siswa putri rhitung>rtabel 0,420>0,413. Kesegaran jasmani dan motivasi belajar siswa bersama-sama berhubungan dengan hasil belajar siswa putra sebesar 51,5%. Kesegaran jasmani dan motivasi belajar bersama-sama berhubungan dengan hasil belajar siswa putri sebesar 76,9%.

Author Biographies

Irwan Ritonga, Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Nevi Yarni, Dosen/Staf pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

Dosen/Staf pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

References

Anita, Lie. dkk.2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi. Aksara

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dangsina Moeloek dan Arjatmo Tjokronegoro. 1984. Kesehatan Olahraga. Jakarta:F UI

Dimyati dan Midjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti

Engkos Kosasih. 1983. Olaharaga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga

Pusat Kesegaran Jasmani. 1999. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Jakarta: Gn Mulia

Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. 1999. Ketahuilah Kesegaran Jasmani Anda. Jakarta. http://www.kesegaran jasmani.com

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Sardiman A.M. .2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2002, Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sumadi Suryabrata.1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali Grafika Persada

Wiranto Arismunandar. 1997. Makalah: Masa Depan Penjas dan Olahraga Di Indonesia. Bandung: IKA IKIP Bandung.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Zainul, Asnawi dan Mulyasa Agus. 2003. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Ritonga, I., & Yarni, N. (2019). HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 12 PULAU PUNJUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 276–284. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.484