HUBUNGAN KESEGARAN JASMANI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 12 PULAU PUNJUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.484Keywords:
Kesegaran Jasmani, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, sebagian siswa kurang menyenangi kegiatan olahraga, siswa tidak bersemangat melakukan aktivitas olahraga, siswa kurang percaya diri dalam melakukan aktivitas olahraga, kesehatan fisik siwa yang kurang mendukung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) hubungan kesegaran jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Pulau Punjung, 2) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Pulau Punjung, 3) Hubungan secara bersama-sama kesegaran jasmani dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 12 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 149 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling didapatkan sampel 25 orang Siswa Putra. Teknik analisa data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kesegaran jasmani berhubungan dengan hasil belajar siswa Putra SDN 12 Pulau Punjung rhitung>rtabel 0,654>0,396, motivasi belajar siswa berhubungan dengan hasil belajar siswa putra rhitung>rtabel 0,453>0,396. Kesegaran jasmani berhubungan dengan hasil belajar siswa Putra SDN 12 Pulau Punjung rhitung>rtabel 0,488>0,413, motivasi belajar berhubungan dengan hasil belajar siswa putri rhitung>rtabel 0,420>0,413. Kesegaran jasmani dan motivasi belajar siswa bersama-sama berhubungan dengan hasil belajar siswa putra sebesar 51,5%. Kesegaran jasmani dan motivasi belajar bersama-sama berhubungan dengan hasil belajar siswa putri sebesar 76,9%.References
Anita, Lie. dkk.2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi. Aksara
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dangsina Moeloek dan Arjatmo Tjokronegoro. 1984. Kesehatan Olahraga. Jakarta:F UI
Dimyati dan Midjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti
Engkos Kosasih. 1983. Olaharaga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga
Pusat Kesegaran Jasmani. 1999. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Jakarta: Gn Mulia
Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. 1999. Ketahuilah Kesegaran Jasmani Anda. Jakarta. http://www.kesegaran jasmani.com
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Sardiman A.M. .2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2002, Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sumadi Suryabrata.1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali Grafika Persada
Wiranto Arismunandar. 1997. Makalah: Masa Depan Penjas dan Olahraga Di Indonesia. Bandung: IKA IKIP Bandung.
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139
Zainul, Asnawi dan Mulyasa Agus. 2003. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta: Universitas Terbuka