PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Febri Giantara Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru
  • Kusdani Kusdani Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru
  • Santi Afrida Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.459

Abstract

Proses pendidikan pada manusia ada semenjak mereka dilahirkan. Pendidkan keluarga merupakan pintu utama yang membentuk kepribadian seseorang. Proses pendidkan keluarga yang dilakukan oleh Ayah pada saat ini di kota Pekanbaru adalah jarang bertanya kepada anak tentang apa yang terjadi dan dilakukan anak ketika berada di Sekolah dan ketika kepribadian anak tidak sesuai dengan norma adat, agama dan ketentuan masyarakat tempat tinggal maka Ayah akan menyalahkan Ibu yang tidak bisa mendidik sang anak. Penelitian ini memiliki tujuan ingin melihat bagaimana peran Ayah dalam pendidikan keluarga di kota Pekanbaru. Sebuah peran yang diharapkan mampu menghadirkan solusi yang terbaik bagi pendidikan keluarga bagi sang anak. Peneltian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian kualitatif yang digunakan di dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian naratif. Peranan Ayah dalam pendidikan keluarga di kota Pekanbaru sudah berjalan dengan baik, terlihat pada Ayah sebagai pendidik, pelindung, pemberi rasa aman dan pendamping bagi anak-anak mereka.

References

Emzir. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Fadilah Ibnu Shidiq al-Qodiri. (2008). Muiara Cinta Rasulullah. Yogyakarta: Surya Media.

Febri Giantara. (2019). Statistik Pendidikan dengan SPSS 21. (Yundri Akhyar, Ed.). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Gerald Lee Gutek. (1974). Philosophical Alternatives in Education. (A Bell & Hewell Company, Ed.). Amerika: Charles E. Merrill Publishing Company.

Gunarsah Yulia D, G. S. D. (2004). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Jhon Crewell. (2015). Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitif. In Riset Pendidikan (V, pp. 1–1364). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jhon Creswell. (2018). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. In Research Design (IV, pp. 1–368). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ki Hajar Dewantara. (2011). Karya Ki Hajar Dewantara. In Pendidikan (Pendidikan, pp. 1–555). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Giantara, F., Kusdani, K., & Afrida, S. (2019). PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 234–245. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.459