CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP UP SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT PADA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Catur Fitria Astuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17419

Keywords:

Buku Cerita, Membaca Cepat, Pop-up

Abstract

Keterampilan membaca di Indonesia masih rendah karena kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif, kreatif dan efektif. Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah belum adanya materi pembelajaran bagi siswa untuk meningkatkan kecepatan membaca. Membaca cepat juga merupakan upaya membaca sendiri untuk meningkatkan keterampilan yang ada didalamnya. Membaca cepat sangat perlu diajarkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif dengan siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media photobook berbasis pop-up. Evolusi media mendongeng visual pop-up dirancang dengan visual yang menarik dan konten cerita yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Perkembangan media cerita bergambar pop-up dikembangkan berdasarkan permasalahan yang muncul pada lapisan atasnya. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kualitas, proses dan efisiensi dalam pengembangan media cerita bergambar berbasis pop-up untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat di kelas tinggi sekolah dasar. 

References

Ahmad, L. (2016). Teknik dan Metode Membaca Cepat. Yogyakarta: A Plus Book.

Ahmadi, F., Fakhruddin, Trimurtini, & Khasanah, K. (2018). The Developmnt Of Pop-Up Book Media To Improve 4th Grade Students Leaning Outcomes Of Civic Education. Asia Pasific Journal Of Contemporry Education and Communication Technology, 42-50.

Amalia, F. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 31-41.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-up Books. California: Libraries Unlimited.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hosen, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas V SDN Gili Anyar bangkalan. Widyagogik, 17-34.

Ifadhah, H. T., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Penciptaan Buku lustrasi Berbasi Pop-up tentang Certa Rakyat Danau Kastoba Bawean Sebagai Upaya Memperkenalkan Produk Budaya Lokal Bagi AnakAnak. Jurnal Desain Komunikasi Visual.

Khotimah, A. H., Djuanda, D., & Kurnia, D. (2016). Keterampilan Membaca Cepat dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 341350.

Kusminah. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Permulaan Sekolah Dasar . Journal of Educatioanal Research and Evaluation, 115-119.

Najahah, I., & Oemar, E. A. (2016). Perancangan Buku Pop-up Sebagai Media Pembelajaran tentang Rumah dan Pakaian Adat Nusantara di Jawa. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 494-501.

Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Meda Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Nurani, H. I., Suhita, R., & Suryanto, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode SQ3R pada Siswa SD. Paedagogia, 33-45.

Nurhadi. (2010). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Putri, Q. K., Pratjojo, & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Pop-up Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan DI Sekitar. Jurnal Pedagogi dan pembelajaran (JP2), 169-175.

Rahmawati, F. P., & Ervannudin, N. (2015). Kecepatan Membaca Cepat Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. The 2nd University Research Coloquium, 27-35.

Subyantoro. (2011). Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryani , N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 141-152.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Astuti, C. F. ., Suma, I. K. ., & Suastra, I. W. . (2023). CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP UP SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT PADA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 42–49. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17419