TEACHING READING COMPREHENSION USING TEXT EXPERIENCE RELATIONSHIP METHOD TO IMPROVE INSTIKI STUDENTS’ ENGLISH PROFICIENCY
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41613Keywords:
Teaching method; Experience-Text-Relationship; reading skillAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa INSTIKI dengan menggunakan metode Experience-Text-Relationship (ETR). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melibatkan 37 mahasiswa mata kuliah English for Information Technology Kelas AA. Peneliti menggunakan observasi catatan lapangan dan tes membaca untuk mengumpulkan data penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilakukan dalam siklus. Penelitian ini juga bertujuan meningkatkan literasi mahasiswa khususnya dalam bahasa Inggris. Data hasil observasi catatan lapangan dianalisis secara kualitatif dan data hasil tes membaca dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis ini diharapkan dapat digunakan untuk penyusunan materi perkuliahan yang dapat meningkatkan profisiensi dan performa bahasa Inggris mahasiswa INSTIKI. Hasil penelitian pada siklus I hasil tes dengan topik “Advatages and Disadvantages of Artificial Intelligence” menunjukkan bahwa terdapat kesalahan dalam pemilihan kata/diksi (25 kesalahan) dan tenses khususnya past tense (10 kesalahan) dan present tense (14 kesalahan). Hasil siklus I menunjukkan bahwa ada 15 mahasiswa yang belum mencapai nilai 55 sebagai Kriteria Ketuntasan Minimum. Sedangkan hasil siklus II dengan topik “Pros and Cons Using E-Commerce” terdapat perbaikan pemahaman mahasiswa terkait topik tersebut. Hasil tes menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pemilihan kata/diksi (5 kesalahan), dan tenses khususnya past tense (8 kesalahan) dan present tense (9 kesalahan). Hasil siklus menunjukkan bahwa ada telah mencapai lebih dari 55. Hasil penerapan ETR menunjukkan bahwa dalam 2 siklus yang diterapkan, metode ini mampu meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa.References
Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C, and Razavieh, A. (2010). Introduction to Research in Education (8th ed.).
Bouchard, L. D. (1997). Reading English as a foreign language. London International communication Agency.
Creswell, John W., Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc.
Lawrence, J. (2017). Cognitive and metacognitive reading strategies revisited: implications for instruction. The Reading Matrix. 7, 55–60.
Lesi Erawati, Agus Triyogo, Y. (2022). ANALYSIS OF EXPERIENCES TEXT RELATIONSHIP (ETR) METHOD IN THE JOURNAL ARTICLE. Journal of English Education Literature and Linguistics, 5(2).
Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2010). Methods in Educational Research: From Theory to Practice (2nd edition). Jossey-Bass.
Pang, E. S. (2003). Teaching Reading. International Academy of Education.
Susi. Astiantih, La Ode Muh. Idrus Hamid B, Yetty, W. N. P. S. (2022). Improving Reading Comprehension by using Experience Text Relationship (ETR). ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(2).
Yatafati Lahagu, Jontra Jusat Pangaribuan, M. S. P. (2020). IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXTS THROUGH EXPERIENCE TEXT RELATIONSHIP (ETR) METHOD AT SMA SWASTA PALAPA MEDAN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2020/2021. KAIROS ELT JOURNAL, 4(2).
Yuliana Mara Yuliantini, Aunurrahman, A. D. (2020). TEACHING READING COMPREHENSION BY USING EXPERIENCE-TEXT-RELATIONSHIP METHOD TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Osmunda Eawea Monny, A. A. Gde Raka Wahyu Brahma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.