AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS IN THE CHILDREN’S BOOK TITLED THE LORAX BY DR. SEUSS

Authors

  • Fetri Novita Indah Lestari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40348

Keywords:

Tindak Tutur, Buku Cerita Anak, Komunikasi, Bahasa

Abstract

Tindak tutur sangat penting dalam bahasa karena memungkinkan seseorang untuk melakukan tindakan melalui ucapan atau ujaran. Hal ini sangat penting dalam menganalisis buku cerita anak-anak, seperti yang ditulis dalam bahasa Inggris internasional, di mana pemahaman tentang tindak tutur dapat memberikan tantangan bagi pembaca dan penulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi komunikasi dalam berbagai konteks dengan menganalisis tindakan yang dilakukan melalui bahasa. Dengan mengacu pada kerangka kerja tindak tutur seperti yang didefinisikan oleh (J.L Austin, 1962), penelitian ini menyelidiki komponen dan jenis tindak tutur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan tabel observasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: 1) komponen utama tindak tutur adalah Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi; 2) tindak tutur yang paling sering digunakan adalah tindak ilokusi, termasuk jenis Asertif, Direktif, Komisif, Ekspresif, dan Deklaratif; dan 3) struktur tindak tutur pada umumnya sederhana. Komponen, jenis, dan struktur ini memberikan wawasan yang berharga untuk memahami dan menganalisis komunikasi dalam bahasa, terutama dalam sastra anak. Penelitian ini menekankan pentingnya penguasaan elemen-elemen tindak tutur ini untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

References

Archey, X. (2022). More than Words: Teacher Candidates Turn and Talk about the Hidden Messages in Children’s Literature. In International Journal of Multicultural Education (Vol. 24, Issue 1).

Austin, J., & Searle, J. (n.d.). SPEECH ACT THEORY SPEECH ACT THEORY The force of utterances The force of utterances Taxonomy f speech acts Taxonomy f speech acts Tasks Tasks.

Divjak, D. S., Newman, J., Hilpert, M., Madlener-Charpentier, K., Szmrecsanyi Leuven, B. K., Sherman Wilcox, B., Milin, P., & Hanzlíková, D. (2022). 20222··VOLUME 333··ISSUE 4 COGNITIVE LINGUISTICS EDITOR-IN-CHIEF CONSULTING EDITOR FOR THEORY CONSULTING EDITOR FOR METHODOLOGY EDITORIAL ASSISTANT. www.degruyter.com/view/j/cogl.

Erlita, Y. (2020). LANGUAGE FUNCTION IN SOCIAL LIFE AND ITS INFLUENCES.

Feruza, K. (2024a). A BRIEF OVERVIEW OF PRAGMATICS: LANGUAGE IN CONTEXT. American Journal of Philological Sciences, 4(3), 24–31. https://doi.org/10.37547/ajps/Volume04Issue03-05.

Feruza, K. (2024b). A BRIEF OVERVIEW OF PRAGMATICS: LANGUAGE IN CONTEXT. American Journal of Philological Sciences, 4(3), 24–31. https://doi.org/10.37547/ajps/Volume04Issue03-05.

Ghazi, S., & Jubran, H. (2024). International Journal of Social Science and Human Research Ideological Revelations in Narratives: A Perusal of The Mark on the Wall. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i02-60.

J.L Austin. (1962). austin-how-to-do-things-with-words-1962.

Kalisa, P. (2019). Communication Strategies in English Second Language Acquisition. In LANGUAGE CIRCLE: Journal of Language and Literature (Vol. 14, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id.

Mel’nikov, A. (2022). CONCERNING THE PROBLEMS OF APPLICABILITY OF SPEECH ACTS THEORY IN FREE SPEECH DISCUSSIONS ON SOME EXAMPLES OF JOHN AUSTIN. Filosofiya. Zhurnal Vysshey Shkoly Ekonomiki, 6(3), 289–312. https://doi.org/10.17323/2587-8719-2022-3-289-312.

Rabiah, S., Kunci, K., & Budaya, R. (2018). LANGUAGE AS A TOOL FOR COMMUNICATION AND CULTURAL REALITY DISCLOSER 1. https://orcid.org/0000-0002-1690-0025.

Widiasri, D. A., Budiarsa, M., Sudipa, I. N., & Satyawati, M. S. (2019). Speech act in Indonesian language teaching: an ethnography communication study. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 5(5), 55–62. https://doi.org/10.21744/ijllc.v5n5.740.

Widodo, P., & Retma Sari. (2023). PRAGMATIC ROLE OF SPEECH ACT COMMUNICATION AMONG NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS. Indonesian Journal of Education and Learning, 6(2), 14–25. https://doi.org/10.31002/ijel.v6i2.728.

Zoulaikha, Dr. E. (2022). The Tripartite Structure of Speech Act. Praxis International Journal of Social Science and Literature, 58–68. https://doi.org/10.51879/pijssl/050308.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Lestari, F. N. I., & Nurcholis, I. A. (2025). AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS IN THE CHILDREN’S BOOK TITLED THE LORAX BY DR. SEUSS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 117–123. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40348

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.