MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DI KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42458Keywords:
Aktivitas Belajar, Media Pembelajaran, Pop Up BookAbstract
Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi siswa agar menjadi individu yang beriman, bertakwa, dan memiliki keterampilan sesuai kebutuhan masyarakat. Pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 160/IV Kota Jambi menghadapi kendala berupa rendahnya minat belajar siswa, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan media Pop-Up Book. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas V SD Negeri 160/IV Kota Jambi, dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa, meliputi aspek visual, oral, mental, dan emosional. Pada siklus I, rata-rata keberhasilan mencapai 65% (kategori cukup), sementara pada siklus II meningkat menjadi 78% (kategori baik). Penggunaan media Pop-Up Book terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.References
Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif (Teori Kompherensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif disekolah Dasar) (Sepriano (ed.); 1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Kusuma, J. W., Arifin, Abimanto, D., Hamidah, Haryanti, Y. D., Khoiri, A., Evi, S., Khoir, Q., Alhabsyi, N. ma M., & Solong, N. P. (2023). Strategi Pembelajaran (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 54.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Samsuddin, Nur Shamsul, M., Patahuddin, A., & Jabar Idharudin, A. (2024). Pemikiran Pendidikan Hasan Langgulung Tentang Tujuan Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan. Cons-Iedu, 4(1), 46–57. https://doi.org/10.51192/cons.v4i1.820
Sari, F. W., Wakhyudin, H., & Zahra, A. (2024). Mengembangkan Literasi Budaya Melalui Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Trisna Trisna, Indryani Indryani, Ugi Nugraha, Urip Sulistiyo Sulistiyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.