MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DI KELAS V SD

Authors

  • Trisna Trisna Universitas Jambi
  • Indryani Indryani Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Urip Sulistiyo Sulistiyo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42458

Keywords:

Aktivitas Belajar, Media Pembelajaran, Pop Up Book

Abstract

Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi siswa agar menjadi individu yang beriman, bertakwa, dan memiliki keterampilan sesuai kebutuhan masyarakat. Pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 160/IV Kota Jambi menghadapi kendala berupa rendahnya minat belajar siswa, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan media Pop-Up Book. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas V SD Negeri 160/IV Kota Jambi, dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa, meliputi aspek visual, oral, mental, dan emosional. Pada siklus I, rata-rata keberhasilan mencapai 65% (kategori cukup), sementara pada siklus II meningkat menjadi 78% (kategori baik). Penggunaan media Pop-Up Book terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.

References

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif (Teori Kompherensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif disekolah Dasar) (Sepriano (ed.); 1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Kusuma, J. W., Arifin, Abimanto, D., Hamidah, Haryanti, Y. D., Khoiri, A., Evi, S., Khoir, Q., Alhabsyi, N. ma M., & Solong, N. P. (2023). Strategi Pembelajaran (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 54.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Samsuddin, Nur Shamsul, M., Patahuddin, A., & Jabar Idharudin, A. (2024). Pemikiran Pendidikan Hasan Langgulung Tentang Tujuan Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan. Cons-Iedu, 4(1), 46–57. https://doi.org/10.51192/cons.v4i1.820

Sari, F. W., Wakhyudin, H., & Zahra, A. (2024). Mengembangkan Literasi Budaya Melalui Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Trisna, T., Indryani, I., Nugraha, U., & Sulistiyo, U. S. (2025). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DI KELAS V SD . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2144–2147. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42458

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.