HAKIKAT PENILAIAN BAHASA, PERBEDAAN PENILAIAN, PENGUKURAN DAN EVALUASI

Authors

  • Ni Kade Dwy Kurnia Yudantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17440

Keywords:

Penilaian, Evaluasi, Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada jenjang pendidikan dasar. Materinya berhubungan dengan cara mencari tahu tentang kebahasaan yang sistematis. Pendidikan Bahasa Indonesia diharapkan menjadi wahana bagi para peserta untuk mempelajari cara membaca, menulis, dan menjawab pertanyaan. Pendidikan Bahasa Indonesia juga diterapkan di dalam kehidupan sehari- hari. Untuk mengukur ketercapaian keterampilan dan hasil belajar siswa dibutuhkan adanya suatu penialain Dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, sebagaimana halnya dalam penyelenggaraan pembelajaran bidang-bidang yang lain, evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan.

References

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (Eds.). 2001. A Taxonomy of Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Gronlund, N.E. & Waugh, C.K. 2009. Assessment of student assessment. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.

Yusuf, A.M. 2015. Asesmen dan evaluasi pendidikan: Pilar penyedia informasi dan kegiatan pengendalian mutu pendidikan. Rawamangun, Jakarta: Prenadamedia Group.

Djuanda, D. (2013). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.

Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267.

Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. In UNG Press Gorontalo. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=5059232428618740961&hl=id&as_sdt=20 05&sciodt=0,5

Wulan, A. R. (2007). Pengertian, esensi konsep evaluasi,

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Yudantari, N. K. D. K. ., Suma, I. K. ., & Suastra, I. W. . (2023). HAKIKAT PENILAIAN BAHASA, PERBEDAAN PENILAIAN, PENGUKURAN DAN EVALUASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 61–67. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17440