MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD DI KELAS RENDAH

Authors

  • Ni Nyoman Juni Anggarawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17392

Keywords:

bahasa Indonesia, kelas rendah, paired storytelling, quantum learning, SQ3R

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas model pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat mendukung keterampilan membaca siswa Sekolah Dasar di kelas rendah. Terdapat tiga model pembelajaran yang dibahas, antara lain: paired storytelling, quantum learning, dan SQ3R. Model paired storytelling mempunyai kelebihan yaitu membuat siswa dapat bekerja sama dalam kelompok, menghargai pendapat orang lain, dan meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis. Model pembelajaran quantum learning diarahkan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman siswa terhadap bahan bacaan. Model Pembelajaran SQ3R adalah model pembelajaran yang dapat membuat siswa mampu memahami bacaan, aktif membaca, dan mampu membuat siswa mudah belajar dengan tahapan survey, question, read, recite, dan review.

References

Adinda Elsinta Nur, A.E., dkk. 2020. Efektivitas Penerapan Model Paired Story Telling Untuk Meningktatkan Keterampilan Membaca Kelas V SDN 68 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Siswa Pendidikan, 1(1)

Afriyeni, S., Haji, S., & Connie. (2017). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Arini, Kristiantari, Rini, M. G., & Ganing, N. N. (2017). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Undiksha

Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVSDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1)

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.

DePorter, Bobbi dkk. 2014. Quantum learning: Mempraktikkan Quantum learning di Ruang- ruang Kelas: Penerjemah: Ary Nilandari. Cetakan ke-II. Bandung: Kaifa.

Devega, Evita.2017. Teknologi Masyarakat Indonesia. Tersedia pada https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. Diakses tanggal 1 Juli 2023.

Efendi, I. (2015). Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Panarukan Kabupaten Situbondo dengan teknik SQ3R tahun pelajaran 2013/2014. NOSI 2(9), 164-171.

Eva Rosdiana, Ni Nym Kusmariyatni dan I Wyn Widiana, 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD”, Singaraja: Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 1(2).

Fahthurrohman.2006. Model-model Pembelajaran. Disampaikan Dalam Acara Guru Post Traumatik. FIP Yogjakarta.

Farroh, Karimatul, dkk. 2022. Penggunaan Media Wayang Kartun Melalui Model Paired story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Keilmuan dan pendidikan Dasar. 14(1).

Hasanudin, Cahyo. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia BmgamesAppsPintar Membaca sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Jurnal Pedagogia. 5 (1):1-12

Hasanudin, Cahyo dan Asror, Abdul Ghoni. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum learningdengan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I/MISe-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Vol 6. No.2.

Hidayah, N. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2).

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di Slb Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3)

Lie, Anita. (2008). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.

Nanda Safarati, Fatma Zuhra. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Edukasi Matematika Dan SAINS 1(1):33–37

Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Tehnik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1).

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Jurnal Puitika, 11(1)

Pratiwi, Intan. 2017. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Quantum learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V, E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, Vol.5, Nomor 2,hal.3.

Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Putri, Y. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3).

Rahmawati, A. (2016). Penerapan SQ3R Berbantuan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2).

Slamet, S. dan. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu

Sayful Segala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengaja. Bandung: Alfabeta.

Soedarso. (2010). Speed reading: sistem membaca cepat dan efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.Zainal Arifin Dkk. 2016. Pengaruh Model Quantum learning Disertai Metode EksperimenTerhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri Kalisati, Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), hal.370.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenanda Media Grup.

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka. Tarigan, H. G. (2008).

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijayanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantum learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Peliatan. Jurnal pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Anggarawati, N. N. J. ., Suma, I. K. ., & Suastra, I. W. . (2023). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD DI KELAS RENDAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 50–60. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17392