PERAN ART THERAPY UNTUK MENGATASI STRES DAN BURNOUT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI RA AL WASHLIYAH PULO BARGOT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45257Keywords:
Art Therapy, Burnout Belajar, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat melakukan analisis peran art therapy dalam mengatasi stres dan burnout belajar pada anak usia dini di RA Al Washliyah Pulo Bargot. Anak usia dini kebanyakan mengalami stres dikarenakan tuntutan akademik yang terlalu tinggi dari orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengikuti kegiatan art therapy mengalami penurunan tingkatan stres dan burnout belajar. Hal ini dikarenakan anak tau dalam mengekspresikan emosionalnya kearah yang lebih positif dan lebih menyenangkan.References
Case, C., dan Dalley, T. (2020). The Handbook of Art Therapy. New York, NY: Routledge.
Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676
Ginsburg, G. S. (2020). Childhood Stress and Anxiety: Causes and Interventions. New York, NY: Journal of Child Psychology.
Nofianti, R., Munisa, M., dan Agustia, N. R. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Implementasi Pembentukan Karakter Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4733–4738.
Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2021). Child Development. New York, NY: Pearson.
Parapat, A., Munisa, M., Nofianti, R., dan Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75–79.
Sitompul, L. K., Stevani, L. D., Fauziah, R., dan Putri, V. T. (2021). Implementasi Teknik Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 501–512. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/4146
Widya, R., Putri, E., & Hutabarat, S. (2024). Religious Character Building In Early Childhood Through Independent Learning. The International Conference on Education, Social Sciences and Technology, 3(137), 166–173.
Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79–86. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-03
ulansuci, G., Sumitra, A., Santana, F. D. T. (2022). Penyuluhan Model Pembelajaran Abad-21 (Cooperative Learning) Sebagai Upaya Mengatasi Stress Akademik Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pendidik PAUD. Abdimas Siliwangi, 5(3), 493–506.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khairani Rambe, Ristra Sandra Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.