PENERAPAN TEKNIK KONSELING UNTUK MENANGANI STRES DAN EMOSI NEGATIF PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUL WASHILAH SIMPANG MARBAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45217Keywords:
Konseling, Stres, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknik konseling dalam menangani stres dan emosi negatif pada anak usia dini di RA Nurul Washilah Simpang Marbau. Anak usia dini sering kali mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaan dan emosinya, yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional mereka. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang mendalam mengenai kondisi anak sebelum dan sesudah konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik konseling seperti konseling bermain, konseling individu, dan terapi ekspresif efektif dalam membantu anak-anak mengelola emosi negatif dan mengurangi stres. Penerapan konseling yang tepat mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan meningkatkan kesejahteraan emosional anak.References
Azzuhdi, M. muhyiddin, dan Al Amin, H. (2024). Tekanan Stres Anak dalam Keluarga Pasangan Pernikahan Dini (Studi Kasus Di Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk). Journal Sains Student …, 2(3), 772–784. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/1487%0Ahttps://ejurnal.k ampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/download/1487/1369
Corey, G. (2019). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Cengage Learning.
Fitria, E. N., dan Alpiah, D. N. (2024). Gangguan Kecemasan Pada Anak Usia Dini. Mudic Nutricia: Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644
Landreth, G. L. (2012). Play Therapy: The Art of the Relationship. New York: Routledge.
Nofianti, R., Munisa, M., & Agustia, N. R. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Implementasi Pembentukan Karakter Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4733–4738
Papalia, D. E., & Martorell, G. (2020). Experience Human Development. New York: McGraw- Hill.
Parapat, A., Munisa, & Novianti, R. (2023). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Social Science Research, 3(3), 9909–9918. http://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3327%0Ahttps://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/download/3327/2361
Ritonga, R. S., Nofianti, R., Arifin, D., & Patuzahra, S. (2024). Efektivitas Play Therapy dalam Pengendalian Emosi Anak Usia. Jurnal Konseling Komprehensif, 19–26.
Santrock, J. W. (2021). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill.
Siegel, D. J. (2012). The Whole-Brain Child: 12 Revolutionary Strategies to Nurture Your Child's Developing Mind. New York: Delacorte Press.
Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini: Pembelajaran CALISTUNG vs. Tuntutan Kinerja Guru. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 79–86. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-03
Wulansuci, G., Sumitra, A., dan Santana, F. D. T. (2022). Penyuluhan Model Pembelajaran Abad-21 (Cooperative Learning) Sebagai Upaya Mengatasi Stress Akademik Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pendidik PAUD. Abdimas Siliwangi, 5(3), 493–506.
Zahra, F., dan Lubis, S. I. A. (2023). Pengasuhan Orang Tua Karir dan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal. Journal on Teacher Education, 5(2), 40–46. www.oapub.org/so
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ummi Nadrah Munthe, Ristra Sandra Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.