PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Raihan Abdil Fattah Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Suhaimy Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50323

Keywords:

Penilaian, Autentik, Pembentukan, Karakter, Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat, benar, valid serta dapat dipercaya tentang Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Survei di SMK Pelita Tiga Jakarta). Pengaruhnya tinggi, menunjukkan bahwa penilaian autentik berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik secara positif. Penelitian ini menggunakan metode deskripif anailitik karena penelitian ini berjenis kuantitatif. Adapun objek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI SMK Pelita Tiga Jakarta yang berjumlah 24 siswa. Penarikan sampel yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik jenuh sampling dengan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 24 responden serta dilengkapi dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian yaitu jika dilihat dari segi uji koefisien product momen menghasilkan rxy atau ro 0,748 hal ini menunjukan bahwa ro lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% = 0,396 dan taraf signifikan 1% = 0,505. Membandingkan besarnya rxy dan rt seperti yang diketahui rxy yang peneiti peroleh adalah 0,748 sedangkan rt masing-masing 0,396 dan 0,505. Dengan demikian ternyata bahwa rxy > rt pada tarif signifikan 5% dan rxy < rt pada tarif signifikan 1% maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, Sementara Hipotesis Nihil (Ho) di Tolak. Dalam hal ini berarti terdapat pengaruh penilaian autentik terhadap pembentukan karakter peserta didik.

References

Carlina, A., & Nurzannah. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al Qur’an (E. Sulasmi, Ed.).

Daulay, I. I. (2019). Kritikal Buku: Penilaian Autentik . Bumi Aksara. https://www.scribd.com/document/403069879/364126230-Kritikal-Buku-Penilaian-Autentik?utm_source=chatgpt.com

Farida, S. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF ISLAM. Kabilah. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/1724/1273

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Jurnal Lirboyo, Vol.29. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/tribakti/article/view/602/402

Harahap, A. C. P. (2019). Character Building. Jurnal UIN Sumatera Utara.

Ita, U., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.4.

Khamdiyah, I. (2021). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan Orang Tua Di Ra Diponegoro 23 Dawuhan Kulon Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas [Institut Agama Islam Negri Purwokerto].

Kiswaro, M. W., & Sofana, I. (2017). Menulis Karya Ilmiah. Informatika.

Maragustam. (2016). Pembentukan Karakter Anak Bangsa: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. https://staitbiasjogja.ac.id/v2/wp-content/uploads/2020/09/Kurikulum-Pend-Akhlak-Menyongsong-Generasi-Emas-Indonesia-Sept-2020-PDF.pdf

Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia, 3(2), 35–58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301

Muhid, A., & Kulsum, U. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan StudiKeislaman. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/intelektual/article/view/2287/1146

Mulyasari, W., & Muhtar, T. (2022). Pentingnya Pembentukan Karakter pada Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2931

Musmiroh Idris, M., & Asyafah, A. (2020). Authentic Assessment in Islamic Education. Jurnal Kajian Peradaban Islam OPEN ACCESS JKPIs , Pages 1-9, 3(1). www.jkpis.com

Nawali, A. K. (2018). Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.52166/TALIM.V1I2.955

Nilasari. (2018). Pengaruhpenilaian autentik untuk membangun karakter siswa kelas viii smp negeri 27 bulukumba pada mata pelajaran bahasa indonesia skripsi. 1–72.

Nurani, H., & Prima Artharina, F. (2019). Analisis Pelaksanaan Penilaian Kognitif Berbasis Kurikulum 2013 Sabiul Ulum Mayonglor Kabupaten Jepara. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2).

Purba, R., & Lingga, W. A. (2023). Pembentukan Karakter Peserta Didik Yang Unggul (A. Rohana, Ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. https://www.rcipress.rcipublisher.org/index.php/rcipress/catalog/view/810/1411/2246-2

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia. www.penerbituwais.com

Rifqi, A. (2022). Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Sari, S. R., Isnarmi, I., & Indrawadi, J. (2020). Desain Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pesisir Pantai. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 93. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.2689

Subrata, I. M., & Rai, I. G. A. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 96–203.

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259

Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2022). Penilaian Otentik (Penilaian Abad 21, Bebasis 4 Cs). Penerbit KBM Indonesia.

Akbar Maulana, & Suprapto. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 207–217. https://doi.org/10.55623/au.v5i1.319

Hanifah Suci Ariani, & Nadiah. (2024). Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 73–82. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3448

Mira, M. . & K. K. (2024). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: Studi Survei di SMK Bina Pangudi Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11029–11034

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Fattah, R. A., Ulfah, M., & Suhaimy, F. (2025). PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7542–7551. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50323

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)