PENGARUH PROGRAM SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SMKN 65 JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32210Keywords:
Program Sekolah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah, membaca Al-Qur’an di sekolah memerlukan sarana yang baik dan suasana yang tenang. Untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak berkelanjutan maka diperlukan inovasi program sekolah yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik dalam proses membaca Al-Qur’an dengan penerapan program pembiasaan kegiatan tadarus Al-Qur’an. Penyajian program pembiasaan tadarus Al-Qur’an yang dilaku5kan oleh sekolah, yaitu dengan memanfaatkan guru sebagai pembimbing serta memberi arahan kepada peserta didik pada saat proses kegiatan tadarus berlangsung agar menjadikan kegiatan pembiasaan tadarus menjadi lebih maksimal. Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif analitik korelasional”. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKN 65 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 212 peserta didik, dan sampel berdasarkan rumus slovin menjadi 68 peserta didik. Teknik metodologi penelitian menggunakan simple random sampling, untuk menganalisis data dengan korelasi product moment (rxy) dan uji hipotesis (Uji t). Data yang dihasilkan dari korelasi product moment rxy sebesar 0,335, dan berdasarkan interpretasi data menunjukkan bahwa program sekolah memiliki korelasi yang lemah atau sangat rendah yaitu 0,20 – 0,40. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis penerapan program sekolah memiliki penngaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pesera didik kelas 11 SMKN 65 Jakarta, yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2.599 > 1.294 atau positif dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima HaDownloads
Published
2024-07-25
How to Cite
Wafa, A. S. ., Ulfah, M. ., & Suhaimy, F. . (2024). PENGARUH PROGRAM SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI DI SMKN 65 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11076–11079. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32210
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Sirril Wafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.