PENGARUH TINGKAT EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK STUDI SURVEI DI SMK DAARUL ULUUM

Authors

  • Shabrina Fauza Nazila Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34069

Keywords:

Ekonomi Orang tua, Minat Belajar Anak.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya penurunan minat belajar pada sebahagian siswa yang diakibatkan karena kondisi keluarga, terutama yang berkaitan dengan kondisi ekonomi keluarga yang berdampak pada kurangnya waktu keluarga untuk mengarahkan pendidikan anaknya. Kondisi tersebut membawa dampak pada menurunnya minat belajar anak. tTngkat ekonomi orang tua terhadap minat belajar anak melalui studi survei di Sekolah Menengah Kejuruan Daarul Uluum Setiabudi-Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik korelasional. Jumlah populasi Kelas X dengan total yang digunakan yaitu 123 peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 94 dengan alasan jumlah populasi lebih dari 100 orang. Teknik pengambilan datanya menggunakan kuisioner tertutup serta sampelnya yaitu menggunakan rumus slovin. Hasil yang didapat antar dua variabel dalam pearson correlation (nilai korelasi) pada kedua kolom ekonomi orangtua dan kolom minat belajar sebesar 0,707 dengan yang nilai ketentuannya jika nilai pearson correlation 0,61 s/d 0,80 masuk dalam kategori korelasi kuat. Sehingga kesimpulannya variabel X dan variabel Y memperoleh nilai korelasi 0,707 dengan derajat korelasinya kuat dan bentuk hubungannya ialah positif.

References

Abdullah, Aminol Rosid Yumnah, S., Fadlani Salam, M., Togatorop, F., Sampe Roly Hutagalung, I., Umi Darojah, R., Mustova, Zulaichoh, S., Haeran, & Abdul Halim, F. (2022). Pegembangan Minat dan Bakat Belajar Siswa (R. Aqli (ed.)). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Alam, S. (2022). Upaya Orang Tua Menarik Minat Anak Untuk Membaca Di Rumah. CV Budi Utama.

Fitriani, N. I. (2020). Minat Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii Smp Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Skripsi, 17–19.

Herdanis, Y., Gimin, & Erlinda, S. (2013). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Pancasila and Citizenship Education, 20, 2.

Luckytasari, A., Asyaroh, S. P., Febriyanti, A. C., Farida, A. N., Metalin, A., Puspita, I., & Surabaya, U. N. (2024). Motivasi Menentukan Dan Meraih Cita-Cita Bagi Remaja Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 21–30.

Nurrahman, B. A. (2019). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Xi Smk Muhammadiyah 5 Kalitidu. Ikip Pgri Bojonegoro.

Tambun, S. I. E., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah.

Widiansyah, A., Bhayangkara, U., Raya, J., Perjuangan, J. R., Utara, B., & Barat, J. (2017). Peran Ekonomi Dalam Pendidikan Dan Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi. Xvii(2)

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Nazila, S. F. ., Firdaus, F., & Ulfah, M. . (2024). PENGARUH TINGKAT EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK STUDI SURVEI DI SMK DAARUL ULUUM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12549–12555. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34069