TINJAUAN TERHADAP PERAN CHATBOT AI SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46918Keywords:
Chatbot AI, Pembelajaran Digital, Asisten VirtualAbstract
Transformasi digital dalam dunia pendidikan telah mendorong pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI), khususnya chatbot, sebagai asisten virtual dalam pembelajaran. Chatbot berbasis AI dirancang untuk memfasilitasi komunikasi interaktif antara sistem dan pengguna secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi pemrosesan bahasa alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran chatbot AI dalam mendukung pembelajaran digital, khususnya sebagai media bantu yang personal, responsif, dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai hasil penelitian sebelumnya dari jurnal, prosiding, dan publikasi ilmiah tahun 2025 yang relevan dengan topik. Hasil studi menunjukkan bahwa chatbot AI mampu meningkatkan efisiensi pembelajaran, mendukung pembelajaran mandiri, serta memberikan umpan balik langsung kepada siswa. Selain itu, chatbot juga berkontribusi dalam pengembangan keterampilan kognitif dan afektif, seperti berpikir kritis, manajemen waktu, dan kemandirian belajar. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan pemahaman konteks yang kompleks dan potensi ketergantungan terhadap teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menggambarkan potensi dan keterbatasan chatbot dalam konteks pendidikan modern serta menawarkan wawasan bagi pengembangan chatbot yang lebih adaptif dan pedagogis di masa depan.References
Ardiyanti, E., Pujianti, E., & Setyaningsih, R. (2025). Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Melalui Penanaman Akhlakul Karimah Peserta Didik di Mts Hidayatul Mubtadiin: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3898–3905.
Arya, N., Bansal, A., Kumar, R., & Intaratat, K. (2025). Exploring Digital Tools: Utilizing Generative AI in Education. In Artificial Intelligence in Learning. https://books.google.com/books?id=GOFjEQAAQBAJ&pg=PA54
Asak, M. O., & Asak, E. E. (2025). Enhancing Language Learning: The Potentials of AI in Modern Pedagogy. Global Academic Star Conference. https://www.globalacademicstar.com/download/article/enhancing-language-learning-in-nigeria-the-potentials-of-artificial-intelligence-in-modern-pedagogy.pdf
Ewoldt, K. B., & Flanagan, S. M. (2025). Generative Artificial Intelligence as an Educational Collaborator. Teaching Exceptional Children. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/00400599251340611
Febriansyah, M. R., & Hertantyo, G. B. (2025). Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant: Systematic Literature Review. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika). https://www.ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/13876
Fernández, A., Martín de Diego, I., & Lancho, C. (2025). Framework for Supporting Students Through Virtual Tutors Using Subject-Specific LLMs. SSRN Electronic Journal. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=5269348
Holla, N., Prabal, P., & Patil, N. R. (2025). A Personalized Mental Health Chatbot with Emotion Detection. SPIE Proceedings. https://www.spiedigitallibrary.org/conference-proceedings-of-spie/13660/136600J
Husni, M., & Putranto, A. (2022). Konstruksi Realitas Petani Kelapa Sawit Dalam Film Naga Naga Naga: Analisis Semiotika Charles S. Peirce. Jurnal Mahardika Adiwidia, 2(1), 24.
Intan, M. A., Setyaningsih, R., & Pujianti, E. (2025). Implementasi Ta’zīr dalam Memperkuat Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Santri Putra di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun 2024/2025: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3906–3912.
Kovalchuk, V., Reva, S., Volch, I., & Shcherbyna, S. (2025). Artificial intelligence as an effective tool for personalized learning in modern education. Proceedings of the Engineering for Rural Development. https://journals.rta.lv/index.php/ETR/article/view/8534
Kulkarni, S., & Suryawanshi, N. (2025). Design and Implementation of an AI-Powered Desktop Assistant. International Journal on Advanced Computer Theory and Engineering. https://journals.mriindia.com/index.php/ijacte/article/view/578
Mohan, A., Kumar, R. M. S., & Swaminathan, G. A. (2025). Next-Generation Artificial Intelligence for Education. AIP Conference Proceedings. https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/3306/1/050018
Pininti, S. (2025). Revolutionizing Telecom with AI and ML: Navigating the Challenges. International Journal of Research Publication and Reviews. https://www.researchgate.net/publication/392315600
Putranto, A., & Utoyo, A. W. (2019). Simbiosis TV free to air dengan Situs Web Berbagi Video (Studi kasus TV Jakarta yang mengalihkan konten ke saluran YouTube). Journal Visioner: Journal of Television, 1–15.
Putranto, A., Putra, A. S. B., Hikmah, N., Imanirubiarko, S., Susanto, S., & Purwati, S. (2023). PROGRAM PELATIHAN ANALISIS DATA MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS DALAM PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH PADA JURNAL INTERNASIONAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10146–10153.
Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., & Deryansyah, A. D. (2023). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4759–4767.
Rossettini, G., Bargeri, S., Cook, C., Guida, S., & Palese, A. (2025). Accuracy of ChatGPT-3.5, ChatGPT-4o, Copilot, Gemini, Claude, and Perplexity in Advising on Lumbosacral Radicular Pain. Frontiers in Digital Health. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fdgth.2025.1574287/full
Sarkar, N. M., Dey, N. R., & Mia, N. M. T. (2025). AI in Telemedicine: Enhancing Virtual Healthcare through AI-driven Technologies. International Journal of Science and Technology. https://www.researchgate.net/publication/392124494
Setyaningsih, R., Rohmawati, R., Vitaloka, V., Ni’mah, A., Hadi, R., Ningsih, S. R., & Yani, M. A. (2025). Dampak Ideologi Liberalisme terhadap Pola Pikir Umat Islam. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 25–32.
Staškevičius, T. (2025). AI Chatbots for Data Mining Education. Kaunas University of Technology Repository. https://epubl.ktu.edu/object/elaba:236741191/236741191.pdf
Utoyo, A. W., Setiawan, K., Razali, G., & Putranto, A. (2023). The Application of the New Media a Review on Learning Media in the VUCA Era. Open Society Conference, 1, 173–182.
Widiarta, I. P. G. D. (2025). PARTNERSHIP SCHEME IMPLEMENTATION AND BUSINESS SUCCESS IN BROILER FARMING: AN EMPIRICAL ANALYSIS. Jurnal Ilmu Ternak Universitas Padjadjaran, 25(1), 8–18.
Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., & Mayulu, H. (2025). Studi Sosial Ekonomi Pengelolaan Limbah Ternak Sapi sebagai Energi Terbarukan dan Pupuk Organik dalam Kerangka Circular Economy. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 27(2), 260–273.
Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., Agung, A. P., Aini, Q., Wahyuningtyas, A. N., & Anindyasari, D. (2025). Risk Management Strategies of Pig Farmers in Managing Production Challenges and Market Fluctuations. International Journal of Business and Applied Economics, 4(2), 557–572.
Widiarta, I. P. G. D., Qamara, C., Fatmarischa, N., Arifin, D. N., Putra, I. G. A. M., & Wijakesuma, M. H. (2025). Consumer Segmentation and Purchase Behavior in the Frozen Beef Market: Optimizing Product Attributes for Sustainability-Oriented Marketing Strategies. SEAS (Sustainable Environment Agricultural Science), 9(1), 63–74.
Wijaya, R., & Putranto, A. (2023). Instagram dalam Perspektif Kapitalisme Lanjut. Jurnal Mahardika Adiwidia, 2(2), 93–102.
Zaczek, M. (2025). Machine Learning Techniques in Generative AI (Chatbots). Masaryk University Theses Repository. https://theses.cz/id/8ntoup/STAG103195_Archive.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A. Taufik Hidayah TR, Nur Wahyuningsih Ibrahim, Zulham Zulham, Imam Tazali, Fatmawati Sabur, Erni Hastuti, Teddy Oswari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




