PENGEMBANGAN BUKU SAKU HIGIENE SANITASI PENGOLAHAN MAKANAN PADA PENYELENGGARA MAKANAN DI PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.48242Keywords:
Buku Saku, Higiene Sanitasi Makanan, Penjamah Makanan, Pesantren.Abstract
Penyelenggaraan makanan dalam skala besar seperti pesantren memerlukan perhatian khusus terhadap aspek higiene sanitasi. Penjamah makanan memiliki peran penting terhadap kualitas dan keamanan makanan yang disajikan. Oleh karena itu diperlukan sebuah media yang bersifat praktis, mudah dibawa dan mampu meningkatkan kesadaran serta pemahaman terkait higene sanitasi dalam pengolahan makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kelayakan buku saku higiene sanitasi pengolahan makanan pada penyelenggara makanan di Pesantren Tebuireng Jombang berdasarkan penilaian ahli dan Respon Pengguna. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan Model 4D. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan subjek penelitian terdiri dari 6 validator (Materi & Media) serta 25 penjamah makanan. Adapun teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Buku saku higiene sanitasi pengolahan makanan dicetak berwarna dengan ukuran 14,8 x 21 cm dan berisi 36 halaman isi, (2) Penilaian para ahli terhadap kelayakan materi dan media buku saku higiene sanitasi pengolahan makanan sebesar 98%, kategori sangat layak dan 92% kategori sangat layak, (3) Respon penjamah makanan sangat baik dengan nilai 93%.References
Ulfiana Fitri , Nurul Ramadhani Muhammad Rhesa, M. W. H. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pengolahan Makanan di Kantin SMPKecamatan Galesong Selatan. Https://Jurnal.Causalita.Com/Index.Php/Cs. https://doi.org/https://doi.org/10.62260/causalita.v1i4.168
AMALIA, D. (2022). Pengembangan Buku Saku Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas Viii Mts Negeri 2 Way Kanan. 2–162.
Anjelita, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26171
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Astrilia widyawati. (2017). Skripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Personal Hygiene Penjamah Makanan di Unit Instalasi Gizi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun.
Basuki, K. (2019). Penyimpanan Bahan Makanan. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Basuki, W. N., Rakhmawati, A., & Hastuti, S. (2019). Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3(2), 1–20.
Budiarti, Y., dkk. (2018). Pengembangan Buku Saku Pembelajaran IPS SD Abstrak Yesi Budiarti, Santi Hendayani, Taqiyuddin Alkah. 25, 35–42.
Digital Marketing. (2023, June). Kelebihan Membaca Buku Fisik DibandingDigital. https://blog.tempoinstitute.com/berita/kelebihan-membaca-buku-fisik-dibanding-digital/
Ekonomi, K. P. dan, & Kreatif/. (2022). Higiene & Sanitasi Makanan panduan untuk pelaku wisata dan penjamah makanan. Disaster Risk Reduction Center Universitas Indonesia.
Fauziah, R., & Suparmi, S. (2022). Penerapan Hygiene Sanitasi Pengelolaan Makanan Dan Pengetahuan Penjamah Makanan. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13469
Febriyanti, K. (2020). Pengembangan Media Buku Saku Dalam Pembelajaran Menemukan Pokok Pikiran.
Fitri, N. K. (2019). Pencemaran Makanan dan Minuman (Modul 5). https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/161181/mod_resource/content/2/5_7699_KMS244_042019_pdf.pdf
Frick, P., Kendeou, P., & Schüler, A. (2024). Knowledge revision processes during reading: How pictures influence the activation of outdated information. Memory and Cognition, 53(2), 547–567. https://doi.org/10.3758/s13421-024-01586-9
Hilalludin, H., & Althof, G. (2024). Perbedaan Tingkat Kematangan Sosial Antara Santri Pondok Pesantren Modern Dan Tradisional. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 201–208. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i3.1317
Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (2021). Dewi, S. M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Bagi Guru Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(1), 2135-2146. 11–44.
Januar Trihardi, Sri Handajani, Mauren Gita, & Romadhoni Romadhoni. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Pelatihan Hygiene Sanitasi Pada Penjamah Makanan Kampung Kue Rungkut Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 1(3), 270–281. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i3.538
Kemerentrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2016). Pengantar Desain Grafis. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11838/1/9-Desain-Grafis-OK.pdf
Lestiyowati, A. D., Romadhini, I. F., Miranti, M. G., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan Buku Saku Digital Pembuatan Roti Manis Berbantuan Flipbook Maker Untuk Kegiatan Pelatihan Kader PKK Desa. 9(November), 3031–3036.
Marwanti. (1993). Mengkonsumsi Makanan yang Aman. Cakrawala Pendidikan, 1, 53–65.
Mau, M., Saenom, S., Martha, I., Ginting, G., & Sirait, S. (2022). Model Pembelajaran Orang Dewasa di Era Masyarakat 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 165–178. https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.38
Melyanti, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mappng Untuk Pembelajaran Ekonomi Kelas XI. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14361
Merriam, S. B. (2017). Adult Learning Theory: Evolution and Future Directions. PAACE Journal of Lifelong Learning, 26, 21–37.
Muhammad Irsyad Makarim. (2022). Pengembangan Media Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Materi Gempa Bumi Di SMP Muhammadiyah 1 Klaten [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/96644/2/naspub irsyad.pdf
Mulono. (n.d.). Pengetahuan Dasar Bahan Pangan.
Novaldo, C., Akbar, I., Pangesthi, L. T., Sulandari, L., & Handajani, S. (2024). Pengembangan Buku Saku Digital Sanitasi Hygiene Berbasis Fliphtml5 Bagi Penjamah Makanan di Home Industry Kecap. 9, 2738–2745.
Qurrotul A’Yuni. (2023). Pengembangan Buku Saku Digitial Berbasis Literasi Sains Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X IPA Di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Rahmadhani, D., & Sumarmi, S. (2017). Gambaran Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Makanan Di PT Aerofood Indonesia, Tangerang, Banten. Amerta Nutrition, 1(4), 291. https://doi.org/10.20473/amnt.v1i4.7141
Ramadhani, A. (2021). Design of Coffee Visual Identity As a Promotional Media Perancangan Identitas Visual Tjilik Coffee Sebagai Media Promosi. Arty, 10(3), 30–47. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty
Reni Yunita Ningsih. (2024). Pengembangan Buku Saku Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Kelurahan Timbangan. 11(1), 20–36.
Rochmawati, I. (2020). Unsur-Unsur Desain Pengantar Desain Grafis. Unsur-Unsur Desain Pengantar Desain Grafis, 1–13. https://repository.unikom.ac.id/63038/1/04-Unsur unsur Desain.pdf
Ronitawati, P. (2020). Pengantar Manajemen Institusi Penyelenggaraan Makanan/Gizi. Universitas Esa Unggul, Nut 261, 1–17. http://repo.upertis.ac.id/1113/1/29 Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi.pdf
Shinta Primesstianisa. (2016). Pengembangan Buku Saku Ekonomi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan [UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA]. https://eprints.uny.ac.id/32247/1/SripsiI_Shinta Primesstianisa_12804244031.pdf
Siti Mardhotillah. (2023). Pengembangan Buku Saku Sebagai Panduan Mengajar Bagi Tutor Bimbel [UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA]. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41561
Wahono. (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Literasi Digital. Proceding. https://www.researchgate.net/publication/345010578_Andragogi_Paradigma_Pembelajaran_Orang_Dewasa_Pada_Era_Literasi_Digital
Wati Sulistyo, R., Margaretta, A., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3908–3920. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8557
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septina Nur Laili F, Sri Handajani, Any Sutiadiningsih, Nurul Farikhatir Rizkiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




