PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (STUDI SURVEI DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA)

Authors

  • Nadia Izzatul Jannah Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47463

Keywords:

Self-Efficacy, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat, benar, valid serta dapat dipercaya tentang Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar (Studi Survei di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta). Pengaruhnya memang rendah, namun tetap penting sebagai langkah awal strategis untuk menumbuhkan motivasi belajar yang berasal dari keyakinan dan minat siswa sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskripif anailitik karena penelitian ini bersifat kuantitatif. Adapun objek penelitiannya adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 12 Jakarta yang berjumlah 213 siswa. Penarikan sampel yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 68 responden serta dilengkapi dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian yaitu jika dilihat dari segi uji koefisien product momen menghasilkan rxy atau ro 0,343 hal ini menunjukan bahwa ro lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% 0,236 dan taraf signifikan 1% = 0,308. Membandingkan besarnya rxy dan rt seperti yang diketahui rxy yang peneiti peroleh adalah 0,343 sedangkan rt masing-masing 0,236 dan 0,308. Dengan demikian ternyata bahwa rxy > rt pada tarif signifikan 5% dan rxy < rt pada tarif signifikan 1% maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, Sementara Hipotesis Nihil (Ho) di Tolak. Dalam hal ini berarti terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa pengaruhnya cukup atau sedang.

References

Akip, M., Yunus, M., & Sujarwo, S. (2025). Keterkaitan Antara Pendidikan Agama Islam Dengan Pemahaman Konsep Kesehatan Mental Siswa. Ej, 7(2), 255–264. Https://Doi.Org/10.37092/Ej.V7i2.997

Alfiah, S., Isitiyati, S., & Mulyono, D. H. (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Ips Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.

Amalia, A. A. (2024). Korelasi Motivasi Belajar Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Uin Sunan Kalijaga.

Fadil, K., & Isna Alfaien, N. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. In Attadib: Journal Of Elementary Education (Vol. 7, Issue 2).

Hadi, F. N., & Ulfah, M. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 194 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 5(6), 222.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Vol. 12, Issue 4).

Neviyarni, R. A., & Nirwana, H. (2025). Motivasi Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(4). Https://Doi.Org/10.47233/Jpdsk.V1i2.15

Nurhayati, N., Lestari, T., Win Afgani, M., & Isnaini, M. (2025). Correlational Research (Penelitian Korelasional). Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3).

Nurjannah, S., & Nadiah. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Smkn 7 Jakarta. Journal On Education, 06(04).

Pratama, R., Aisyah, S. A., Mandala Putra, A., Sirodj, R. A., Afgan, M. W., & Research, C. (2023). Correlational Research Kata Kunci (Vol. 6). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Sari, Y., Wulandari, I., Gulo, E., Pakpahan, R. Y., & Nasution, R. S. (2025). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Kelas D Pendidikan Bahasa Inggris Stambuk 2023 Universitas Negeri Medan. 3(2), 162–174. Https://Doi.Org/10.61132/Yudistira.V3i2.1759

Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Sublimapsi, Vol.1, 117.

Tamboto, H. J. D., & Dolonseda, H. P. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital : Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Wori Minahasa Utara. Https://Jurnalp4i.Com/Index.Php/Social

Triana, A., & Ulfah, M. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Melalui Kajian Qs. Al Imran Ayat 190-191. Kutubkhanah Vol. 24 No. 1 January - June 2024, 24(1).

Umar, A. F. F., Yusuf, A., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(2), 121–133. Https://Doi.Org/10.29407/Jbsp.V7i2.20670

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Jannah, N. I., & Ulfah, M. (2025). PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (STUDI SURVEI DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6043–6051. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47463

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)