PENGARUH PEMANFAATAN BIOGRAFI TOKOH ALI ANYANG TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44162Keywords:
Pemanfaatan Biografi, Ali Anyang, Kesadaran Sejarah.Abstract
Pembelajaran sejarah berbasis lokal sangat penting untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa. Namun, pembelajaran yang terlalu fokus pada buku teks membuat banyak siswa yang belum mengenal sejarah di daerahnya sendiri. Dalam hal ini peneliti memanfaatkan tokoh lokal seperti tokoh Ali Anyang sebagai materi pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemanfaatan biografi tokoh Ali Anyang terhadap kesadaran sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Pontianak. Metode yang diterapkan dalam penelitian, yaitu metode kuantitatif bentuk Quasi Experimental Desaign. bentuk desain Quasi Experimental Desaign pada penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group Desaign. Populasi yang diteliti terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 11 Pontianak yang berjumlah 279 peserta didik. Terdapat dua sampel pada penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan Teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Analisis dari perolehan data penelitian menggunakan uji T-test independent. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan biografi tokoh Ali Anyang dalam pembelajaran sejarah termasuk dalam kategori sangat ditinggi yang diperoleh dari hasil perhitungan persentase kelas eksperimen dengan nilai sebesar 89%. (2) Kesadaran sejarah siswa setelah memanfaatkan biografi tokoh Ali Anyang dalam pembelajaran sejarah mendapatkan nilai sangat tinggi yang diperoleh dari hasil perhitungan persentase sebesar 87%. (3) Berdasarkan hasil uji T-test independent diperoleh nilai signifikan (2 tailed) 0,000 <0,005, serta diperoleh nilai perhitungan rata-rata persentase sebesar 88%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan biografi tokoh Ali Anyang terhadap kesadaran sejarah siswa.References
Aman. (2015). Penilaian Otentik: Teori dan Praktik dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: UNY Press.
Arifin, M., & Afwan, B. (2022). Hubungan Pemahaman Kepahlawanan Radin Inten Ii Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Sma. Swarnadwipa, 5(3), 119–129. https://doi.org/10.24127/sd.v5i3.2003
Chin, W. W. Todd, P. A. (2013). On the Use, Usefulness, and Ease ofe Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. MIS Quarterly, 19, 237-246.
Firdaus, A. H., Purnomo, A., & Ahmad, T. A. (2018). Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan Keteladanan Sunan Kudus Di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 150-161.
Firmansyah, H., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). Penggunaan Biografi Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 158–172. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8005
Kartodirjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Mustafa, R., Syaiful, M., & ... (2019). Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS. … Sejarah), 01. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2427058&val=23207&title=Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS
Purba, B. A., Sariyatun, & Rejekiningsih, T. (2020). Upaya Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan Keteladanan Raja Sang Naualuh Damanik di Era Milenial. 19.
Nurdiansyah, N. (2021). Pemanfaatan Sejarah Lokal Kerajaan Siak sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 518–526. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1341
Safria, I. L. (2021). Peran Penting Sejarah Lokal Sebagai Pembentukan Kesadaran Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 23.
Septiyaningsih, I. C. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Penugasan Berbasis Proyek Tentang Sejarah Kota Lama Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 4(1), 17–24. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA
Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035
Wibowo, D. S., & Kurniawati, K. (2020). PENGENALAN PRODUK BUDAYA MELALUI SEJARAH JATIDIRI BANGSA: Studi Kasus Kesadaran Sejarah di SMA Labschool Kebayoran. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 17(1), 33–54. https://doi.org/10.25105/dim.v17i1.7845
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shantika Dwi Harnum, Maria Ulfah, Astrini Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.